Mohon tunggu...
Nur Linda
Nur Linda Mohon Tunggu... Mahasiswi fkm

Talkless do more

Selanjutnya

Tutup

Love

Dampak Buruk Terlalu Diatur Orangtua

23 Februari 2021   09:34 Diperbarui: 23 Februari 2021   09:51 38 1 0 Mohon Tunggu...

Orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya. Agar anak tidak melakukan hal yang tidak dikehendaki, tak jarang orang tua membuat aturan-aturan, namun seringnya peraturan itu tanpa diskusi terlebih dahulu pada anak. Peraturannya itu seperti meminta izin ingin pergi bermain tetapi dilarang dan diancam kalau tidak nurut, handphone anak yang selalu di periksa dengan tuduhan yang negative kepada anak, perkataan orang tua yang harus selalu dipatuhi tanpa mendengar alasan dari anak.

Faktor yang membuat orang tua mengekang anak, sebagai berikut:

Rasa cemas yang berlebihan terhadap anak, rasa takut yang tidak wajar, tidak pernah memberikan kepercayaan kepada anak.

Dilansir dari www.health.detik.com penelitian yang dilakukan oleh Dr Mai Stafford dari University College London dilakukan kepada 5.000 orang yang lahir pada tahun 1946. Dr Stafford melakukan survei terhadap pola asuh orang tua dan bagaimana kehidupan si anak bertahun-tahun kemudian.

Penelitian Dr Stafford menemukan bahwa orang tua yang mengedepankan kehangatan dan responsif memiliki anak yang lebih bahagia, lebih sehat secara mental dan lebih puas menjalani hidup ketika dewasa. Sebaliknya,pola asuh yang mengekang anak membuat anak tidak bahagia dan tidak puas akan hidupnya. Dampaknya antara lain:

1.Individualis

Karena terlalu dikekang anak akan lebih banyak menghabiskan waktu sendiri. Ia menjadi sosok yang tidak peka dengan keadaan sosial dan egois.

2.Sulit bersosialisasi

Membatasi ruang bergaul, teman, masyarakat, pribadi anak menjadi kaku dan kurang cakap dalam membangun komunikasi yang baik dengan orang lain.

3.Tidak menjadi diri sendiri

Aturan yang ketat membuatnya harus mengalah dan mengikuti aturan yang berlaku. Membuat anak ketergantungan dan tidak dapat mengahadapi masalahnya sendiri.

4.Hubungan dengan orang tua tidak nyaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x