Mohon tunggu...
Nurlela Nurlela
Nurlela Nurlela Mohon Tunggu... .

Strong

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Indahnya Islam dalam Keseharian

21 April 2021   15:10 Diperbarui: 21 April 2021   15:30 35 0 0 Mohon Tunggu...


Banyak hal yang kita lakukan setiap harinya dan tidak luput dari pandangan ISLAM, agama islam merupakan agama yang dianut oleh hamper seluruh manusia di dunia dan didalam agama islam terdapat banyak larangan-larangan yang tidak boleh untuk dilakukan.

Contohnya seperti  Tidak banyak tertawa dan tidak berbisik berduaan hal  mengapa? Hal ini sering kali ditemui di kalangan masyarakat,  Rasul sendiripun pernah Memperingatkan umatnya bahwa tertawa yang berlebihan dapat menyebabkan matinya hati selain itu dapat menimbulkan dosa karena hal tersebut dapat membuat orang disekitanya menjadi tersinggung.

MEMBERI SALAM  adalah salah satu Ciri Khas umat islam Salam adalah penanda keramahan seorang muslim. Memberi salam sama dengan mendoakan para hadirin dimajelis ilmu lainnya.  selalu memberikan salam dengan mengucap kata Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yang arti doa tersebut untuk keselamatan seseorang, serta doa agar orang tersebut dirahmati dan diberkati oleh ALLAH SWT.

Kemudian hal-hal yang diharapkan Islam dalam bergaul yaitu, Saling menghormati, jangan menghina, atau menilai mereka cacat, menghormati perasaan orang lain. Karena manusia dilahirkan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Lalu bagaiman dengan bergaul dengan lawan jenis? Ketertarikan laki-laki dan perempuan adalah fitrah dan sunnatullah(Keniscayaan) Sehingga Islam memberi Solusi untuk menikah. Dan mengatur dengan bijak bagaimna seharusnya bergaul Islam.

Hal tersebut dilakukan agar menghindari yang namanya ZINA karena sesungguhnya Zina adalah hal sangat tidak disukai oleh ALLAH SWT.

Konsep Etos kerja dalam Islam untuk menyambung hidup sehari-hari manusia melakukan aktifitas bekerja , Rasurullah saw bersabda: " Bekerjalah untuk duniamu seakan akan engkau akan hidup selama-lamanya dan beribadalah untuk akhiratmu seakan akan engkau akan mati besok, Al-Quran menggariskan golongan yang baik lagi beruntung( alfalah) itu adalah orang yang banyak taqwa kepada allah, khusyu sholatnya, baik tutur katanya, Memelihara pandangan dan kemaluan serta menunaikan tanggung jawab sosialnya seperti mengeluarkan zakat dan lainnya.
( QS Al Mu'minun:1-11)

Kerja dalam islam bukanlah semata mata merujuk kepada mencari rezeki untuk menghidupi diri dan keluarga dengan menghabiskan waktu siang maupun malam, dari pagi hingga sore., terus menerus tak kenal lelah tetapi kerja mencakup segala bentuk amalan atau pekerjaan yang mempunyai unsur kebaikan dan keberkahan bagi diri, keluarga dan masyarakat sekeliling serta Negara.itulah mengapa Islam sangatlah special karena hal-hal yang kita lakukan sekecil apapun itu telah diatur oleh al-quran Maka bersyukurlah kamu yang terlahir dari islam kemudian mati dengan Islam.

Artikel ini dibuat dibulan suci Ramadhan semoga kita senantiasa berjalan dijalan yang benar dan semoga kita selalu diberikan kesehatan agar dapat bertemu dibulan suci ramadhan selanjutnya.

VIDEO PILIHAN