Mohon tunggu...
Nur Kholifah Ramadhani
Nur Kholifah Ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FMIPA

Hai

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ Tingkatkan Penjualan Budidaya Jamur dan Olahannya

28 Agustus 2021   15:15 Diperbarui: 7 September 2021   14:31 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Situbondo - Salah satu mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ, Nur Kholifah Ramadhani yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ns. Ana Nistiandani, M. Kep, membantu pemilik budidaya jamur yang terdampak COVID19 di Kelurahan Patokan, Situbondo untuk meningkatkan hasil penjualan jamur dan olahannya melalui Digital Marketing. 

Ibu Ayu Priyanti yang merupakan pemilik usaha "Castle of Mushroom" yang bergerak dalam bidang usaha budidaya jamur dan olahannya mengalami dampak yang disebabkan oleh COVID19. Hal ini dirasakan Ibu Ayu karena menurunnya omset dari penjualan media tanam jamur (baglog), jamur mentah, dan olahannya. Selain itu, marketing yang masih belum memanfaatkan bantuan teknologi lebih luas. Oleh karena itu, melalui KKN Back to Village 3 saya berkesempatan membantu meningkatkan usaha budidaya jamur dan olahannya dengan program yang telah saya rancang melalui permasalahan yang telah disampaikan oleh Ibu Ayu Prianti.

Program pertama sebelum melakukan proses produksi yaitu melakukan edukasi pentingnya menjalankan protokol kesehatan terutama saat pandemi seperti ini. Saya mengedukasi para pekerja usaha jamur milik Ibu Ayu Prianti untuk mejaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan baik dan benar agar memutus rantai penyebaran virus COVID19.

Program kedua, melakukan kelas dan mentoring untuk mengedukasi pentingnya digital marketing bagi UMKM yang terdampak COVID19. Kelas ini diikuti oleh Ibu Ayu Prianti sendiri dan beberapa pemuda yang ingin bergelut dalam dunia digital marketing.

Program ketiga, pembuatan media sosial dan media promosi. Media sosial yang digunakan yaitu instagram karena banyak masyarakat menggunakan aplikasi ini sehingga diharapkan masyarakat mengetahui usaha yang dijalankan oleh Ibu Ayu Prianti. Promosi yang dijalankan tidak hanya melalui sosial media, namun melalui pembuatan banner dan pamflet. Banner ini nantinya akan dipajang di rumah Ibu Ayu Prianti agar konsumen dengan mudah mengetahui usaha tersebut. Pamflet nantinya akan disebarkan ke beberapa tempat dagang dan masyarakat.

Program keempat, pembuatan foto produk yang menarik. Ibu Ayu Prianti akan dilatih cara membuat konten produk yang menarik seperti mengedit foto dari produk yang akan dipromosikan. Visual produk yang menarik akan membuat pengunjung tertarik dan berminat membeli produk yang  ditawarkan.

Tujuan dari program yang dijalankan ini agar pemilik UMKM seperti Ibu Ayu Prianti mampu menjangkau pangsa pasar yang lebih luas serta mampu bersaing di pasaran agar penghasilan yang didapat meningkat terutama saat pandemi seperti ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun