Mohon tunggu...
Nur Kholifah
Nur Kholifah Mohon Tunggu... Administrasi - Hy

Selama membaca:)

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Dalam Pesatnya Kemajuan Teknologi, Pentingnya Mengetahui (Microsoft Office) Fungsi dari VLOOKUP dan HLOOKUP

3 Desember 2021   01:06 Diperbarui: 3 Desember 2021   02:36 133 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi. Jadi secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya

Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Office Excel atau Lembar Sebar. Program aplikasi pengolah angka memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam tabel. 

Dalam Microsot Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri. Salah satu fungsi tersebut adalah fungsi vlookup dan hlookup yang sangat penting  untuk kita pelajari. pada dasarnya Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP sama. Bedanya,

-VLOOKUP berfungsi mencari sebuah value secara vertikal (dari atas ke bawah), dan memiliki  rumus VLOOKUP berbentuk seperti =VLOOKUP(Nilai Acuan;Tabel;Kolom ke-;True/False). Untuk mencari besaran gaji tiap orang secara otomatis, kita akan membandingkan data golongan orang-orang di Tabel B dengan data besaran gaji di tabel A

-sedangkan fungsi HLOOKUP mencari value secara horizontal (dari kiri ke kanan), lalu menampilkan nilai lain yang sekolom dengan nilai tersebut sesuai yang diinginkan. Rumus HLOOKUP(NilaiYangDiCari; TabelReferensi; NomorBaris; [RangeLookup])

Salah satu fungsi dari microsoft excel adalah fungsi vlookup dan hlookup yang dapet digunakan membantu dan mengefisiensikan kerja. Bisa dikatakan rumus vlookup sangat berguna saat digunakan pada excel. Contohnya saja saat kita menentukan gaji karyawan, tunjangan, nilai siswa, harga kebutuhan pokok, dan berbagai macam data dalam pembuatannya pada Excel.

dengan adanya rumus HLOOKUP dan VLOOKUP  ini kita tidak perlu bersusah-susah payah dalam memasukan berbagai data-data secara manual atau satu-satu. 

Selain waktu jauh lebih efisien, pengerjaannya pun lebih cepat.  bisa kita bayangkan jika data yang dimasukan bisa lebih dari puluhan atau ribuan. Maka waktu pengerjaannya pun jauh lebih lama dan banyak membuang waktu. 

Anda bisa menggunakan berbagai software spreadsheet lainnya untuk pengganti Microsoft Excel yang jauh lebih praktis dan menguntungkan dalam membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, masih banyak lagi semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda dan pembaca semua betapa penting nya kita mempelajari lebih dalam tentang Fungsi fungsi Vlookup dan Hlookup.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan