Mohon tunggu...
Nur Khasanah
Nur Khasanah Mohon Tunggu... Penulis - Mencari dan Berbagi Pengetahuan Dengan Menulis

.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hiduplah seperti Pohon Kelapa

23 Agustus 2020   09:44 Diperbarui: 23 Agustus 2020   09:41 786 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hiduplah seperti Pohon Kelapa
Dok. Bobo-grid.id

Di Ciptakan-Nya manusia adalah untuk beribadah kepada Sang Khalik atau Pencipta. Sedangkan alam semesta beserta isinya ini di ciptakan oleh Allah sebagai penyedia atas segala kebutuhan hidup manusia. Maka kita akan tergolong makhluk yang sangat merugi, jika kita tidak mau mensyukuri segala nikmat yang ada di muka bumi ini. 

Menjadi orang baik, adalah suatu dambaan setiap insan di muka bumi. Sejahat-jahat manusia, pasti ada sepercik kebaikan dalam dirinya. Tergantung dari bagaimana manusia tersebut mengelola iman dalam hatinya agar  kebaikan yang ada menjadi suatu manfaat baginya dan bagi orang lain.

Diibaratkan seperti pohon kelapa yang tumbuh dan menghasilkan beribu manfaat bagi makhluk lainnya, terutama manusia. Di mulai dari akar pohon kelapa yang berguna sebagai pengganti bahan bakar. Akar juga bisa dimanfaatkan untuk bahan baku aneka kerajinan tangan. 

Batang pohon kelapa, sangat di butuhkan untuk pembuatan jembatan dan bahan bangunan. Demikian pula daun kelapa, yang masih muda, orang menyebutnya janur, di manfaatkan untuk membuat bungkus ketupat, dan menjadi suatu rangkaian indah di acara penyambutan tamu bagi yang punya hajat. Sedangkan daun keringnya bisa dipakai sebagai bahan bakar. Batang daunnya atau lidi juga di manfaatkan untuk membuat sapu lidi atau tusuk gigi. 

Satu butir kelapa, dari lapisan luar sampai dalam juga mengandung banyak manfaat. Kulit kelapa, sabutnya digunakan untuk membuat sapu. Buah kelapa, sebagai bahan santan dan bahan memasak lainnya, seperti urab yang di gemari banyak orang. Bahkan, batang pohonnya yang masih muda, dapat di masak sebagai sayur dengan rasa yang lezat.

Itulah pohon kelapa, dengan seribu satu macam manfaat terkandung di dalamnya. Sungguh, Allah ciptakan semua alam semesta dengan  segala manfaat. Demikian juga kita manusia. Manusia diciptakan oleh Allah SWT tiada maksud lain selain untuk beribadah kepada-Nya. 

Sebagai makhluk sosial yang bersyukur, maka kita ingin hidup kita di dunia ini diberikan umur panjang serta bermanfaat. Apalah artinya jika kita diberikan umur panjang namun tidak bermanfaat, karena itu hanya menjadi kerugian bagi kita. Hiduplah seperti pohon kelapa, dengan banyak manfaat yang terkandung didalamnya. 

Ringan tangan, atau saling tolong menolong dengan sesama, merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk orang lain. Demikian juga dengan memberikan perhatian, saling menyayangi dan mengasihi sesama, akan sangat memberikan manfaat yang luar biasa bagi yang membutuhkan. Semoga hidup kita berguna dan membawa manfaat untuk orang lain.

KBC-027/Kombes Jateng

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan