Mohon tunggu...
Nur Khasanah
Nur Khasanah Mohon Tunggu... Mencari dan Berbagi Pengetahuan Dengan Menulis

.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sosialisasi Cara Menggosok Gigi yang Benar

18 Agustus 2019   23:00 Diperbarui: 18 Agustus 2019   23:10 0 0 0 Mohon Tunggu...
Sosialisasi Cara Menggosok Gigi yang Benar
dokpri

Pakujati-Sebagaimana hari-hari sebelumnya, anak-anak Kb.Puspajati, yang berada di Kelurahan Pakujati, Kecamatan Paguyangan, melakukan kegiatan pembelajaran seperti biasa. Namun pada pagi hari tersebut sebelum pembelajaran selesai, anak-anak kedatangan tamu dari para Mahasiswa Universitas Jenderal Sudirman (Unsoed) Purwokerto, yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata(KKN) di desa-desa di Kecamatan Paguyangan.

Sekitar 10 Mahasiswa mendatangi lembaga Kelompok bermain tersebut dengan didampingi oleh Bidan Irma, Amd.Keb, selaku Bidan Desa Pakujati.

Wellen(20), salah satu Mahasiswa fakultas kedokteran Unsoed, di depan anak-anak Paud mensosialisasikan sekaligus mendemonstrasikan cara-cara melakukan gosok gigi yang baik dan benar.

"Adik-adik tahu kan, bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar? Iya, mula-mula posisi sikat gigi berdiri, gosok gigi dengan sikat ke arah atas dan bawah. Kemudian kesamping bagian dalam dengan posisi sikat memutar, lalu bagian tengah atas gigi geraham digosok dengan arah sikat ke depan dan ke belakang.Langkah terahir gosok bagian dalam gigi dengan arah sikat seperti dikeluarkan," jelas Wellen.

Ditambahkan Wellen, manfaat dari menggosok gigi adalah agar gigi tetap putih dan bersih, mencegah berlubang, dan mencegah masuknya monster jahat pada gigi yaitu bakteri atau kuman.

"Anak-anak harus rajin ya, menggosok gigi setiap hari dua kali, yaitu setelah makan dan mau tidur, agar gigi tetap bersih dan putih, dan terhindar dari monster jahat yang suka sembunyi di gigi kalian.Kalau kalian rajin gosok gigi, maka kuman-kuman tidak akan betah bersarang di gigi kalian," tambahnya.

Banyu Segara(5), salah satu peserta didik Kelompok bermain Puspajati memberanikan diri untuk maju ke depan dan menjadi model demonstrasi cara menggosok gigi yang benar.

Setelah acara sosialisasi cara menggosok gigi, Bidan Desa Irma menugaskan kepada Mahasiswa untuk mengukur Tinggi Badan (TB), Berat Badan(BB), Lingkar Kepala(LK), Lingkar Dada(LD), dan Lingkar Lengan Atas(LILA) terhadap peserta didik Kelompok bermain tersebut.

dokpri
dokpri

Usai acara pengukuran, dilakukan pemberian vitamin A bagi anak yang belum mendapatkan vitamin tersebut.

"Alhamdulillah, kegiatan pada hari ini dapat dilaksanakan dengan lancar, terimakasih kepada tim KKN, Mahasiswa dari Unsoed, dan terimakasih juga kepada para Pendidik Kelompok bermain Puspajati atas kerjasama dan dukungannya yang baik, semoga anak-anak indonesia bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia mereka, dan kelak menjadi anak-anak yang berakhlakul karimah, menjadi anak yang berguna bagi Agama, Nusa, dan Bangsa," harap Irma. (NK)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x