Mohon tunggu...
Nurizka Fidali
Nurizka Fidali Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Seorang pengajar perguruan tinggi di Yogyakarta. Hobi membaca, bersepeda, bermain musik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Branding pada UKM Makanan Ringan sebagai Penguatan Produk

7 Oktober 2022   20:25 Diperbarui: 7 Oktober 2022   20:26 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penerapan branding terhadap produk merupakan sebuah cara untuk lebih mengenalkan dan menanamkan citra positif produk kepada konsumen. Karena dengan penerapan branding terhadap produk dapat memudahkan konsumen memilih produk ditengah banyaknya pilihan dan kualitas produk yang serupa. Kenyataannya belum banyak pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menyadari peran branding dalam meningkatkan daya saing produknya. Karena ketidaktahuan, kurang terbuka dalam penerimaan pemikiran baru menjadi penyebab para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tidak dapat memasarkan produknya secara lebih luas.

Salah satu UKM yang berada di Kabupaten Sleman adalah Bengkel Kreasi OR, yang kini memproduksi dan menjual Keripik Aci Raden Ojan. Dalam proses usahanya, terdapat hambatan yang dihadapinya, yaitu belum memiliki brand produk kepada konsumen. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan penulis bertujuan untuk membantu pelaku UKM tersebut mencipatakan brand. Metode yang dilakukan adalah observasi, wawancara, pelatihan desain grafis. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan dan keterampilan desain grafis pelaku UKM, penguatan eksistensi produk keripik aci Raden Ojan, serta meningkatkan promosi produk kepada masyarakat.Sehingga masyarakat sebagai konsumen lebih mengenal dan aware(sadar) akan brand produk dari UKM Keripik Aci Raden Ojan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun