Mohon tunggu...
Nur Indah Puspita
Nur Indah Puspita Mohon Tunggu... Fresh Graduate

Seorang fresh graduate antropologi yang masih mencari arah mau di tempatkan kemana ilmunya

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Mahasiswa Pas-pasan Bisa Apa Di Perantauan?

9 April 2020   05:35 Diperbarui: 9 April 2020   05:45 12 1 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa yang biasanya kehidupan di rumah sederhana mungkin bisa jadi "tinggi" kalau sudah di perantauan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan itu semua, antara lain: gengsi, menyesuaikan teman sejurusan dan lingkungan kampus, kebutuhan dalam berorganisasi, atau emang dasar gak tau diri hehehe (becanda sayang).

Buat kamu yang tetep mau gaya, please lah jangan bebanin ortumu ya! Kamu bisa mendapatkan penghasilan sendiri kok kalo kamu kreatif dan pinter-pinter cari peluang. Kita bahas yuk apa aja yang bisa dilakuin mahasiswa buat tetep gaya tanpa bebanin ortu, simak ya!

  1. Kerja Part-time, jelas ya dari sini kamu tiap bulannya bisa punya pendapatan sendiri. Cari tempat part-time yang ada jenjang karirnya biar gajimu nambah tiap beberapa bulan. Kerja part-time bisa nambah skill kamu juga lho, contohnya teamwork, public speaking, time management, berpikir kritis, da yang pasti manajemen keuangan juga semakin baik. Jadi, kalo abis gajian jangan langsung dihabiskan ya uangnya!

  2. Reseller Fashion Online Shop, beruntunglah kamu kalau memiliki jiwa wirausahawan. Menjadi reseller kamu bisa menjual barang dari olshop tanpa harus siapkan tempat usaha, produk, packing, dan antar barang. Kamu tinggal jadi perantara antara seller dengan customer dengan mempromosikan barang-barang yang ingin kamu jual. Hanya dengan smartphone kamu bisa download apk reseller trus kamu pelajari aja deh cara-caranya.

  3. Open Preorder Jastip/makanan/kerajinan tangan lainnya, kamu suka jalan-jalan? Suka masak? Bisa bikin vector? Atau kado wisuda? Kalo kamu bisa bikin hobimu jadi uang, kerjakan! Caranya gampang banget, disaat kamu bikin, jangan lupa kamu dokumentasiin terus upload ke sosmed atau ke grup angkatan/organisasi kamu sebagai upaya promosi produk buatanmu. Kalo untuk F&B, disarankan kamu meminta beberapa temanmu sebagai tester ya!

  4. Jual pulsa/token listrik/voucher game dll, pasti bakal mikir kalo yang beli pulsa udah jarang kan? Ya bener sih, tapi tetep ada yang butuh kok! Apalagi kalo kami jual token listrik, kamu bakal jadi penyelamat teman-temanmu yang lupa isi token listriknya kalo minimarket udah pada tutup ehehe dan berlaku juga untuk voucher game. Mungkin banyak yang ragu kalo keuntungannya sedikit atau bakal banyak yang paylater, tapi tenang aja kamu bisa siasatin dengan apl catatan keuangan/penjualan biar kamu gak lupa dan kamu bisa nagih disaat kamu butuh juga.

  5. Download apk cashback, dengan kamu memfoto struk belanja, kamu bisa mendapatkan uang walaupun receh sih ya tapi gapapa itung-itung bisa bantu top up pulsamu atau gopaymu haha.

Zaman sekarang teknologi makin berkembang, kalo sebagai anak muda gak bisa manfaatin kemudahan itu, kamu bakal kesusahan sendiri ke depannya. Jadi, jangan gunain smartphone buat gaya atau ngegalau dan nyinyir disosmed aja ya! Dicoba juga aplikasi-aplikasi "penghasil uang"-nya. Sekian dulu ya, selamat mencoba, dan salam marantau!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x