Mohon tunggu...
Nur Indah Fitriana
Nur Indah Fitriana Mohon Tunggu... Wiraswasta - Perempuan

Nur Indah Fitriana

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

SUPER-G Bisnis Kreatif Cenderamata Bola Salju Akrilik dengan Ikon Wisata 3D

23 September 2020   14:28 Diperbarui: 23 September 2020   14:47 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan potensi pariwisata yang sangat besar untuk dikembangkan. Pengembangan pariwisata yang berbasis sumber daya lokal dapat memberikan efek ganda terhadap sektor ekonomi lainnya melalui peningkatan nilai tambah dan kenaikan pendapatan masyarakat.

Menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2018 jumlah wisatawan mancanegara di Indonesia mencapai 15,81 juta dan ditargetkan mengalami kenaikan menjadi 20 juta kunjungan ditahun 2019. Namun, target kunjungan tersebut tidak tercapai dan mengalami penurunan.

Lima mahasiswa Universitas Brawijaya terdiri dari Audry Noni Putri (THP 2017), Nur Indah Fitriana (TIP 2018), Doni Meiliyadi (TIP 2017), Mariatul Qibtiyah (THP 2016), dan Moch Naufal Zuhair Annasai (TIP 2016) tergabung dalam tim Super-G menciptakan inovasi baru untuk menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. SUPER-G (Souvenir of Super Snow Globe), yaitu cenderamata bola salju dengan memuat empat miniatur objek wisata Indonesia antara lain: wisata Gunung Bromo, Danau Toba, Taman Nasional Bunaken, dan Pulau Komodo.

Produk SUPER-G menjadi produk bola salju berbahan akrilik pertama di Indonesia.SUPER-G tidak hanya menampilkan visual dari objek wisata, tetapi dilengkapi dengan akses informasi yang memudahkan wisatawan dalam menuju objek wisata yang ingin dikunjungi.

SUPER-G juga dilengkapi dengan barcode yang terhubung dengan website dari SUPER-G. Website ini berisi tentang informasi pariwisata, mulai dari rute menuju lokasi wisata, harga tiket masuk, informasi penginapan, hingga kegiatan tahunan yang ada di objek wisata tertentu.

Dengan adanya fitur tambahan tersebut, dapat memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke berbagai objek wisata yang ada di Indonesia.

Tim Super-G juga berencana untuk bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan pihak pengelola wisata daerah yang bersangkutan untuk memasarkan produk Super-G sekaligus membantu dalam promosi pariwisata setempat. Audry bersama keempat rekannya akan berjuang bersama inovasi ini menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXXIII 2020 mendatang.


Instagram : supergofficial_
Facebook : Super-G
Line : @791ccwad
Twitter : supergofficial

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun