Mohon tunggu...
Nuril Amilya Khansya
Nuril Amilya Khansya Mohon Tunggu... 191910501023

Perencanaan Wilayah dan Kota-Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Kemiskinan di Wilayah Desa Timur

22 Oktober 2019   23:10 Diperbarui: 22 Oktober 2019   23:24 0 1 2 Mohon Tunggu...

Kemiskinan merupakan suatu dimana kondisi seseorang tidak bisa memenuhi kebutuhannya seperti pangan, papan, sandang. kemiskinan menjadi hal yang menakutkan dalam suatu negara. Itulah sebabnya setiap negara di dunia berusaha menguranginya  angka kemiskinan dengan berbagai cara untuk angka tersebut  menurun.

Salah satu caranya yang dapat digunakan yaitu menciptakan lapangan pekerjaan. Kemiskinan masalah utama dan paling mendasar yang harus menjadi perhatian utama bagi pemerintah itu sendiri.

Apalagi di Indonesia masih memiliki masalah dalam mengatasi angaka kemiskinan di indonesia. Tentu saja bukan hanya Indonesia saja yang memiliki masalah semacam ini. Banyak negara yang juga berkutat dengan masalah kemiskinan, bahkan lebih parah dari Indonesia.

Tetapi banyak juga negara-negara maju yang telah mampu mengatasi masalah kemiskinan sedikit demi sedikit. Tentunya tidak semua orang dapat sejahtera dalam hidup ini, dengan banyaknya permasalahan demi permasalah yang terjadi.

Penyebab kemiskinan begitu beragam dalam berbagai negara. Bahkan masalah kemiskinan seperti ketersediaan kebutuhan pokok merupakan faktor yang sangat penting yang dapat menjatuhkan sebuah pemerintahan. Di Indonesia sendiri memiliki sekitar 74 ribu desa dan dari data jumlah data tersebut diperkirakan sebanyak 18.126 desa mengalami angka kemiskinan yang cukup tinggi.

Desa yang tertinggal kebanyakan dari desa sebelah timur indonesia dikarenakan desa itu sendiri masih belum bisa menggali sumber daya manusianya dan kurangnya berkembangnya infrastrukstur atau fasilitas yang memadai untuk perdesaan tersebut. Faktor itulah yang membuat desa di wilayah timur tertinggal dengan desa lainnya. 

Secara umum jumlah masyarakat miskin di wilayah perdesaan cukup tinggi terutama di wilayah Papua. Papua memiliki angka kemiskinan yang cukup memprihatinkan, dan tingkat kemiskinan di wilayah papua lebih besar dibandingkan kota Jakarta.

Dan dapat kita ketahui bahwa kota papua memiliki kekayaan dengan berbagai jenis sumber daya alam yang sangat besar. Masyarakat papua masih belum bisa mengelola dengan baik sumber daya alam nya, yang bagaimana sumber daya alamnya ini bisa menjadi kunci sektor ekonomi dalam wilayah atau desa di papua itu sendiri.

Minimnya fasilitas kependidikan itu sendiri juga menjadi faktor penyebab angka kemiskinan di papua meningkat.Di wilayah papua juga minim fasilitas kesehatan yang berdampak pada masyarakatnya.

Tidak di wilayah papua juga yang angka kemiskinannya tinggi, di wilayah Nusa tenggara timur juga mengalami angka kemiskinan yang cukup tinggi. setiap tahun di desa Nusa tenggara timur mengalami kenaikan yang cukup tinggi di sektor kemiskinan. Hal ini disebabkan banyaknya orang pengangguran di desa tersebut dan masih kurangnya fasilitas umum yang memadai dan nilai petanian yang menurun.

Penurunan ini disebabkan oleh hanga produksi pertanian yang meningkat di wilayah tersebut. Bhan makan mengalami penaikan dalam harga jual. Dan di wilayah desa maupun kota di Nusa tenggara timur juga mengalami jarak yang rendah. Nusa tenggara timur merupakan kota kedua setelah papua yang mengalami angka kemiskinan yang cukup tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x