Mohon tunggu...
Nur Afifah Amalina
Nur Afifah Amalina Mohon Tunggu... Hi! Salam kenal :)

Semoga apa yang di share dapat bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Keuntungan dan Pengaruh E-Wallet dalam Kegiatan Ekonomi Sehari-hari

15 Juni 2021   00:10 Diperbarui: 15 Juni 2021   03:18 134 2 0 Mohon Tunggu...

Saat ini kita tengah mengalami era globalisasi dan pandemi yang mana kita semua dipaksa untuk selalu beradaptasi dengan adanya perkembangan teknologi serta keterbatasan ingteraksi. Berbagai perkembangan teknologi sudah sangat berkembang pesat dan salah satunya adalah E-wallet. Sejatinya  E-wallet merupakan dompet bentuk digital yang dapat dipakai sebagai salah satu alat pembayaran yang terintegrasi.

Pengertian E-wallet secara umum adalah suatu sistem yang dikembangkan atau diciptakan guna memudahkan semua penggunanya agar dapat melakukan transaksi. Terlepas munculnya pro dan kontra mengenai adaptasi teknologi, kemunculan E-wallet ini digadang-gadang mampu memberikan efek yang sangat positif untuk kehidupan sehari-hari bagi manusia apalagi di masa pandemi seperti yang tengan berlangsung saat ini.

E-wallet adalah salah satu layanan elektronik yang fungsinya untuk menyimpan data ataupun instrumen pembayaran seperti alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan juga uang elektronik, dompet digital ini menampung sejumlah dana dan juga bisa melakukan transaksi pembayaran. Perwujudan dari  E-wallet ini adalah program software atau aplikasi maupun layanan jasa yang diciptakan secara khusus untuk menyimpan uang digital telah melakukan kegiatan transaksi dari setiap penggunanya secara online. Poin utamanya yaitu  E-wallet sudah menjadi aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai transaksi, membayar segala tagihan tanpa uang tunai supaya penggunanya semakin terbantu dalam kegiatan transaksi.

Perkembangan E-wallet cukup pesat seiring semakin banyaknya startup fintech di Indonesia. Bahkan beberapa tahun belakangan ini pemerintah juga ikut menerbitkan peraturan yang bisa mengatur ke kelegalitasan aktivitas transaksi dengan memakai uang elektronik supaya bisa memudahkan pengguna untuk melakukan proses adaptasi terhadap teknologi di zaman digital.

Menggunakan E-wallet dalam kegiatan ekonomi sehari-hari dapat mempengaruhi beberapa aspek kehidupan, seperti pada saat bertransaksi. Dengan adanya dompet digital ini, penggunanya dapat dimudahkan dalam kegiatan transaksi tanpa perlu membawa uang tunai yang terlalu banyak dan pastinya cukup beresiko kehilangan atau dicuri oleh seseorang. Dompet digital juga ini dapat mempengaruhi kepraktisan kita dalam menyimpan uang dan melakukan pembayaran. Selain itu banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan dengan teknologi E-wallet ini, diantaranya:

1. Bisa terhindar dari peredaran uang palsu

Mungkin sebagian dari Anda bertanya mengapa dengan menggunakan E-wallet dapat menghindari resiko tindak pidana peredaran uang palsu? Hal itu disebabkan teknologi digital yang telah tersimpan di dalam E-wallet sangat susah untuk ditembus dalam hal keamanan. Karena pada setiap kegiatan transaksi digital, itu dari pihak penjual ataupun pihak pembeli tidak perlu memikirkan kembalian, sebab dompet digital ini bisa memangkas saldo dengan satuan desimal yang sesuai dengan total pembayaran.

2. Transaksi bisa menjadi lebih cepat dan mudah

Jika Anda ingin membandingkan penggunaan mata uang kertas atau koin dengan penggunaan E-wallet, maka pastinya proses transaksi dengan memakai dompet digital waktunya relatif lebih cepat. Pada saat aktivitas pembayaran sendiri, dari pihak pembeli hanya perlu melakukan pemindaian barcode yang telah disiapkan oleh pihak penjual, jadi pihak pembeli tidak harus mengeluarkan dompet atau apapun yang sesuai dengan namanya yang dibutuhkan.

3. Bisa membantu memutus penyebaran virus atau bakteri

Saat ini kita masih berada di dalam situasi pandemi virus COVID-19. Nah, dengan menggunakan dompet digital ini maka penggunanya secara otomatis bisa meminimalisir adanya kontak dengan orang lain. Dari pihak pemerintah sendiri sudah resmi menganjurkan untuk mengurangi kegiatan transaksi dengan menggunakan uang tunai karena bisa menularkan virus dan bakteri. Jadi saat ini penggunaan E-wallet sangat dianjurkan untuk memproteksi diri agar tidak berkontak langsung dengan orang lain yang bersifat menyebarkan virus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN