Mohon tunggu...
Nur Hikmah
Nur Hikmah Mohon Tunggu... Guru - an avid learner

Tangerang - Banten

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hasil Diagnosa Sekolahku (Sebuah Refleksi)

20 September 2023   21:37 Diperbarui: 20 September 2023   22:41 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan yakni diterbitkannya rapor pendidikan. Rapor pendidikan merupakan hasil diagnosa kondisi satuan pendidikan yang riil.  

Data ini didapatkan dari Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM, survey lingkungan belajar, survey alumni dan lainnya. Secara acak beberapa siswa akan terpilih sebagai sampel dalam proses pengerjaan AKM setiap tahunnya. 

Mereka akan mengerjakan soal literasi, numerasi dan mengerjakan survey. Nilai-nilai dari hasil AKM inilah yang akan tertuang dalam rapor pendidikan satuan pendidikan. Selain AKM tentu saja hasil dari survey lingkungan belajar, survey alumni dan lainnya.

Laporan rapor pendidikan SMPN 3 Curug yang diperbarui pada 11 Juli 2023 menunjukan bahwa indikator layanan yang memperoleh capaian cukup baik adalah:

  1. Kemampuan Literasi 

Upaya-upaya peningkatan kemampuan literasi ini memang sudah dijalankan sejak   sekolah ini berdiri yakni sejak tahun 2017. Meskipun saat itu sekolah belum memiliki perpustakaan, namun sudut baca ada di setiap kelas dan di lorong sekolah. 

Setiap hari 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, siswa diwajibkan untuk membaca buku yang ia sukai. Sekolah juga sudah beberapa kali mengundang perpustakaan keliling untuk dapat hadir di sekolah. Selain itu, guru juga sudah mampu untuk mengintegrasikan literasi di dalam pembelajaran. 

Kegiatan membaca, mendengarkan, berdiskusi, menyampaikan pendapat, dan menulis ada dalam proses pembelajaran di kelas sehari-hari. Sehingga siswa pun terbiasa dalam berliterasi. Siswa menghias dinding kelas dengan hasil belajar mereka, seperti ringkasan peristiwa, mind map, lukisan, maupun harapan dan hasil refleksi

  1. Karakter 

Pembelajaran karakter adalah salah satu pembelajaran yang cukup menantang. Kami belum memahami cara mengukur ketercapaiannya sebelumnya. Selama ini yang kami lakukan hanya sebatas pada pembinaan melalui berbagai aktivitas. 

Setiap jum'at siswa melakukan kegiatan keagamaan mulai dari sholat dhuha bersama, kuliah tujuh menit, pembacaan ayat suci al-qur'an, bersholawat bagi siswa beragama muslim. Sedangkan untuk siswa yang beragama selain islam diadakan ibadah di ruang yang berbeda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun