Mohon tunggu...
Muhammad NurhidayaturRozikin
Muhammad NurhidayaturRozikin Mohon Tunggu... Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan

Teknik Material dan Metalurgi

Selanjutnya

Tutup

Digital

Inovasi Anak Bangsa, Mahasiswa ITK Ciptakan Platform Web Berbasis Agribisnis dalam Mendukung Ketahanan Pangan Pasca Covid-19

29 September 2020   12:12 Diperbarui: 29 September 2020   12:22 13 2 0 Mohon Tunggu...

Literasi Digital Pertanian dan Pariwisata Sebagai Pengembangan Potensi Lokal Dalam Mewujudkan Strategi Ketahanan Pangan dan Perekonomian Daerah Dalam Menghadapi New Normal di Masa Pandemi COVID-19.

Mahasiswa Institut Teknologi Balikpapan yang tergabung dalam PKM- Teknologi beranggotakan Muhammad Rafli jurusan Sistem Informasi, Ahmad Maulana Fikri jurusan Sistem Informasi, Samsul Bahri jurusan Sistem Informasi, Muhammad Nurhidayatur Rozikin Jurusan Teknik Material dan Metalurgi, dan Nuur Asih Jurusan Teknik Sipil.

Liniku.id sebagai platform web untuk mendukung ketahanan pangan. Perkembangan sistem informasi dalam sektor pertanian sering disebut e-Agriculture. Sistem Informasi agribisnis merupakan salah satu solusi menyelesaikan permasalahan kebutuhan informasi petani untuk aktivitas pertanian mulai dari kegiatan hulu hingga hilir. 

TIK berperan sebagai pendukung (enabler) dalam transformasi sosial budaya di berbagai aspek kehidupan petani dalam era pasca Covid-19. Ketersediaan dan pemanfaatan akses TIK juga mengambil peran penting dalam upaya membuka isolasi wilayah pedesaan terhadap pasar, teknologi, harga, modal, serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. 

Upaya pemberdayaan petani melalui pemanfaatan TIK menjadi landasan utama dalam usaha meningkatkan daya saing pertanian. Hal ini dilakukan secara simultan dengan upaya peningkatan kapasitas produksi melalui investasi, inovasi teknologi dan kelembagaan, serta perbaikan infrastruktur dalam upaya menjaga momentum pertumbuhan sektor pertanian pada era pasca-Covid-19.

Sistem informasi berbasis web yang berguna untuk mengembangkan potensi agrowisata di desa Tani Bhakti. Selain itu, sistem informasi cedas agribisnis juga berfungsi untuk membantu mengelola proses peningkatan hasil pertanian di desa Tani Bhakti seperti pengelolaan sistem perbenihan dan penanaman, pengelolaan pupuk dan pestisida, alat dan mesin pertanian, sistem teknologi informasi kalender tanam terpadu, serta menjadi Unit Pengelola Hasil Pertanian (UPHP) untuk penanganan pasca panen dan mempersiapkan untuk musim tanam berikutnya agar dapat meningkat dari musim sebelumnya. 

Dengan adanya program ini maka akan membantu meningkatkan literasi data dan literasi digital di masyarakat tani di desa Tani Bhakti untuk mengembangkan agribisnis dan mendukung Sustainable Development Goals (SDG’s 2030) dan Society 5.0. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan agrowisata, peningkatan hasil pertanian, serta meningkatkan nilai jual hasil pertanian masyarakat.

#PKMT #Pertanian #Literasi #Agribisnis #Teknologi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x