Mohon tunggu...
nurhidayati
nurhidayati Mohon Tunggu... Love to reading, writing, eating nice foods, watching netflix movies, enjoying every second I have at my life

Teacher and Author Alumni STKIP SILIWANGI BANDUNG 12220300 Works at SMP PGRI CIPANAS from 2017 until now Works at SMP I AL FAJAR from 2020 until now Five Minutes Left "Snacbook" Bentang Pustaka (2017) Share your experience with me Facebook : Hilda Chamberlain Instagram : nurhidayati_hilda Wattpad : Hilda32

Selanjutnya

Tutup

Love

Mencintai Tak Harus Memiliki, Klise namun Hadapilah

3 Februari 2021   12:00 Diperbarui: 3 Februari 2021   12:08 66 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencintai Tak Harus Memiliki, Klise namun Hadapilah
Gambar via crowdsurfwork.com

Mencintai tak harus memiliki, Klise namun hadapilah

Semua manusia memiliki yang namanya rasa dan terkadang rasa yang muncul perlahan berasal dari sebuah simpati masuk lebih dalam lagi hingga menjadi empati dan ingin berdiam diri sampai akhirnya muncul rasa lain seperti peduli, sayang dan cinta.

Berat memang membahas sebuah perasaan baik itu yang berbalas terutama yang tidak. Hal ini lah yang menyebabkan manusia lelah mencintai. Kebanyakan memilih untuk dicintai karena perjuangan orang yang mencintai bisa lebih besar daripada semestinya.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara menanganinya jika sudah terlanjur masuk ke dalam perasaan tersebut?

1. Cintai lebih dulu dirimu sendiri

Jika posisi dihadapkan dengan mencintai seseorang namun tidak berbalas. Rasanya pasti sedih, dongkol dan sakit hati namun perasaan tidak akan senyaman itu jika memang harus dipaksakan. Oleh karenanya tidak salah jika harusnya manusia mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Jika merasa cinta akan membuatmu merasakan berat kini yang harus dilakukan pertama adalah mencintai dirimu sendiri. Pastikan perlakukan dirimu dengan baik. Misalnya ketika kamu merasakan dirimu mulai stress tidak ada salahnya berjalan-jalan me time melakuka  semua yang kamu suka, rawat dirimu sehingga pulih kembali secara jasmani dan rohani.

2. Mencintai sewajarnya

Mencintai berlebihan malah akan membuat kamu sakit, kemudian akan ada penyeselan mengapa kamu tidak mencintai seseorang dengan standar biasa saja karena perasaan bisa berubah. Manusia tidak akan tahu apa yang terjadi dalam hidupnya, sama seperti perasaan yang bisa berubah dengan sendirinya. Mengapa mencintai harus sewajarnya? Karena pertama cinta adalah amanah. Mengapa amanah? Karena perasaan adalah titipan Tuhan yang bahkan kita tidak tahu akan berhenti dimana. Oleh karena itu selayaknya sebuah titipan kita patut menjaganya dengan baik.

3. Mencintai dengan ikhlas 

Rasanya jika terus menerus mengatakan bahwa cinta harus berbalas tidak salah namun ketika orang yang kita cintai tidak bisa membalas apa yang akan terjadi? Haruskah memaksa? Tentu tidak. Oleh sebab itu jika memang benar-benar mencintai kurangi sikap egois dan lebih perhatikan apa yang sebenarnya orang yang kamu cintai inginkan dan butuhkan. Kurangi sikap memaksa dan biarkan segala berjalan tanpa paksaan serta pastikan jika rasa cintamu lebih besar hingga jika memang bukan jodohmu Tuhan akan mengganti yang lebih baik.

Bukan ingin menggurui soal percintaan namun jadikan semua pembelajaran dalam hidup dan biarkan semuanya berjalan lebih baik lagi.

VIDEO PILIHAN