Mohon tunggu...
Sri Nurhayati
Sri Nurhayati Mohon Tunggu... Lainnya - Digital Marketing

Sri adalah seorang Digital Marketer dan Copywriter. Selain itu, dia juga memiliki pengalaman di bidang IT sebagai IT Proyek Coordinator. Saat ini dia aktif bekerja sebagai Digital Marketer di perusahaan multinasional Teknologi untuk Pertanian Presisi. Dia menyukai kucing dan berkebun.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Smart Farming dan Pertanian Presisi sebagai Pertanian Masa Depan

19 Februari 2022   11:17 Diperbarui: 21 April 2022   11:45 994 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Foto petani dengan laptop. Sumber foto: Freepick oleh Jcomp)

Indonesia adalah salah satu negara agraris penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Selain itu, karet dan kopi juga komoditas produk ekspor andalan Indonesia. 

Sebagai negara agraris, Indonesia pastinya resah karena perubahan iklim dan kenaikan populasi dunia yang mempengaruhi produksi pertanian. Mulai dari petani kecil hingga pelaku bisnis pertanian besar mengalami dampak ini. 

Food and Agriculture Organization (FAO) memprediksi tahun 2050, permintaan sektor pertanian akan naik 70% mengingat adanya kenaikan populasi. 

Untuk menghadapi situasi ini, negara - negara agraris harus mulai membenahi sistem pertanian agar lebih komprehensif. Negara maju seperti Jepang bahkan sudah mengaplikasikan sistem smart farming dan pertanian presisi

Lalu, apakah smart farming dan pertanian presisi adalah wujud pertanian masa depan? Teknologi apa yang akan digunakan?

Smart farming dan pertanian presisi

Perkembangan teknologi dan digitalisasi membawa perubahan untuk semua sektor kehidupan, tak terkecuali pertanian. Smart farming dan pertanian berkelanjutan bukan dua hal yang berbeda. Keduanya saling berkesinambungan. Pertanian presisi tidak akan berjalan apabila tidak didukung oleh sistem smart farming. 

Smart farming atau pertanian pintar adalah metode pertanian yang menggunakan perangkat digital (gadget dan laptop), internet, Artificial Intelligence (AI), robot, drone untuk mengumpulkan informasi lapangan seperti kelembapan tanah, kandungan mineral tanah, kondisi cuaca, dan sebagainya.

Sedangkan precision agriculture atau pertanian presisi adalah cara bagaimana mengefektifkan penggunaan bahan kimia agar tidak berlebihan dan mengurangi efek samping terhadap lingkungan. 

Pertanian presisi dapat mengurangi biaya operasional dengan menerapkan konsep pemetaan digital dan analisis mendalam sebelum melakukan melakukan penanaman. 

Dengan mengetahui topografi wilayah, petani dan pelaku bisnis dapat mengetahui kondisi tanah apakah cocok ditanami tanaman atau tidak. Mereka juga dapat melakukan pemetaan untuk aliran irigasi sehingga dapat mengurangi risiko kekeringan karena kurangnya ketersediaan air. 

Teknologi dalam pertanian presisi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan