Mohon tunggu...
Nurhayati
Nurhayati Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis biasa

Penulis biasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Eksistensi dan Implementasi Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

8 Desember 2021   22:47 Diperbarui: 8 Desember 2021   22:53 84 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bahasa menunjukkan bangsa, artinya keberadaan bahasa di suatu negara menjadi sangat penting dengan segala fungsi dan kedudukannya, khususnya Bahasa Indonesia. Fungsi Bahasa Indonesia  ini diimplementasikan sebagai suatu ciri khas dari bangsa kita sendiri. Fungsi ini disebut sebagai Ideologi negara. 

Kedudukan Bahasa Indonesia menjadi stimulan dalam proses interaksi sosial masyarakat Indonesia. Selain itu, kedudukan Bahasa Indonesia juga memberikan kemudahan dalam berinteraksi di dalam maupun di luar daerah bangsa Indonesia. Oleh karena itu, memahami dan mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat penting untuk dilakukan, khususnya generasi mahasiswa di perguruan tinggi.

Sebagai generasi bangsa, maka mahasiswa berkewajiban untuk mempelajari penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, khususnya dalam penulisan KTA. Karya tulis ilmiah ini terbagi menjadi beberapa macam, seperti makalah, laporan penelitian, laporan praktikum, dan artikel. Dimana masing-masing bagian ini memiliki tujuan penulisan yang berbeda-beda. 

Penulisan makalah  bertujuan untuk  laporan hasil pelaksanaan tugas mahasiswa di perguruan tinggi. Makalah dibuat dengan bagian penulisan yang lengkap, seperti bagian latar belakang, rumusan masalah, tujuan makalah, uraian rumusan masalah, kesimpulan, dan saran. 

Sedangkan penulisan artikel bertujuan untuk memaparkan opini terhadap suatu kajian masalah tertentu. Perbedaan penulisan dengan makalah terdapat pada sistem uraian pembahasannya yang lebih berorientasi pada kajian pribadi atau opini penulis sendiri.

Dokpri
Dokpri

Selain makalah dan artikel, terdapat juga laporan penelitian dan laporan praktikum. Penulisan laporan penelitian  bertujuan untuk memaparkan  hasil penelitian mahasiswa terhadap suatu objek penelitian. 

Dalam penulisan laporan penelitian, terdapat bagian latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitiaan, kajian teori, kajian penelitian, dan kerangka berpikir. 

Sedangkan penulisan laporan praktikum bertujuan untuk memaparkan  hasil praktik mahasiswa terhadap suatu objek. Perbedaan penulisan dengan laporan penelitian terdapat pada keterangan alat dan bahan yang digunakan praktik, prosedur kerja, dan data pengamatan.

Dalam penulisan KTA tersebut, dibutuhkan penggunaan kalimat yang sesuai dan tepat, khususnya mengenai kalimat konjungsi. Biasanya kalimat konjungsi digunakan sebagai penghubung kesesuaian antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. Konjungsi yang lazim digunakan seperti : dan, serta, atau, melainkan, padahal, sedangkan, tetapi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan