Mohon tunggu...
Nurhasanah Lubis
Nurhasanah Lubis Mohon Tunggu... KKN DR

Uinsu Medan Fakuktas Dakwah Dan Komunikasi Bimbingan Penyuluhan Islam _Kkndirumahaja

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cara Efektif Berkomunikasi pada Saat Masa Pandemi

9 Agustus 2020   21:48 Diperbarui: 9 Agustus 2020   21:44 27 2 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, termasuk memunculkan kebiasan-kebiasaan baru bagaimana menjaga kebersihan dan higienitas. Tak hanya itu, pola sosialisasi dan interaksi sosial juga berubah seiring munculnya pedoman jaga jarak fisik dan sosial untuk menghindari penyebaran virus corona.

Sebagai makhluk sosial, berinteraksi adalah salah satu kebutuhan manusia. Tapi adakah cara yang aman untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman

Meski demikian, Anda tak perlu putus asa karena dengan bantuan teknologi yang ada, kita bisa tetap bersosialisasi meski sedang di rumah saja. Percayalah, kebahagiaan itu ada karena kita yang menciptakan. Di situasi pandemi seperti saat ini, hati harus tetap bahagia meski banyak yang dibatasi, termasuk mobilitas.

Memanfaatkan teknologi untuk bersosialisasi di tengah pandemi
Lalu, bagaimana cara bersosialisasi di tengah imbauan social distancing seperti saat ini? Berikut ulasannya.
1.Aksi sosial dengan memanfaatkan teknologi yang ada
Anda pasti pernah mendengar kalimat bijak yang berbunyi, berbagilah maka engkau akan merasa kaya. Nah, di tengah situasi yang tak menentu seperti saat ini, Anda bisa memulai hari dengan berkontribusi memberikan donasi untuk mereka yang terdampak pandemi virus corona. Ada banyak sekali platform dan komunitas yang menyediakan saluran untuk berdonasi bagi mereka yang ingin sekadar berbagai.

Meskipun tidak bisa terlibat secara langsung dalam penyalurannya, tapi hal-hal kecil seperti ini akan membuat Anda merasa tetap terhubung dengan dunia luar melalui cara yang berbeda dan menghangatkan hati.

2  Bermain game multiplayer bersama sahabat
Bermain game online multiplayer bersama sahabat ataupun kerabat bisa jadi salah satu kegiatan seru yang untuk dilakukan saat masa isolasi. Ada beberapa game multiplayer yang bisa jadi referensi Anda, seperti misalnya Uno with Friends, Pokemon Go, dan  Gartic.IO.

3.Grup video chat
Rindu sekadar berkumpul bersama teman dan sahabat sebagaimana sebelum adanya pandemi ini rasanya jadi masalah hampir setiap orang. Namun tak perlu khawatir, Anda tetap bisa bersosialisasi meski harus berada di rumah saja.

Jadwalkan saja untuk saling menyapa dan bercengkerama secara virtual melalui grup video chat melalui beberapa pilihan aplikasi. Mulai dari Whatsapp, Google Hangout, ataupun Zoom.

Di situasi yang serba sulit seperti saat ini, saling mendukung satu sama lain akan memberikan dampak cukup besar. Anda bisa tetap bersosialisasi dengan memberikan dukungan kepada keluarga, teman, ataupun rekan kerja melalui kartu dan kejutan lain.

Misalnya, membuat kartu digital dengan pesan motivasi atau sekadar mengirimkan makanan favorit mereka melalui layanan pesan antar. Percayalah, kejutan kecil semacam ini pasti sangat berarti di tengah peliknya situasi seperti sekarang.

4. Bergabung dalam komunitas buku online
Apabila Anda suka membaca, maka bergabung di suatu komunitas buku online bisa jadi pilihan terbaik untuk mengisi aktivitas selama social distancing di rumah. Ada banyak sekali komunitas online di Indonesia bagi para pecinta buku. Salah satunya adalah Goodreads.

Goodreads merupakan website yang dirilis sejak Januari 2007 silam dan saat ini telah memiliki lebih dari 30 juta anggota aktif, 900 juta buku terdaftar, dan 34 juta ulasan buku. Pembuatan komunitas ini berawal dari Otis Chandler, sang pendiri Goodreads saat melihat rak buku temannya untuk bahan bacaan selanjutnya.

Saat itu Chandler sadar, betapa dia mengutamakan ulasan dari teman ketimbang peringkat buku yang laku dijual di pasaran untuk memilih bacaan selanjutnya. Jadi jangan heran jika Goodreads hadir dengan beberapa fitur. Mulai dari melihat buku yang sedang dibaca teman, menyimpan data buku yang telah, sedang, dan akan dibaca.

Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi bacaan selanjutnya dari rak buku virtual Goodreads. Tak hanya itu saja, melalui Goodreads, Anda bisa mengetahui apakah ada buku yang sesuai dengan selera Anda melalui ulasan komunitas.

5. Olahraga online
Saat ini di media sosial, ada banyak sekali kegiatan seru dari banyak orang yang ingin tetap eksis meski sedang berada di rumah. Ada yang menari, merias wajah, bahkan olahraga bersama-sama. Hal-hal seperti ini memang tidak terlalu mustahil untuk dilakukan apalagi dengan bantuan teknologi yang kian maju.

Anda bisa menemukan berbagai undangan olahraga secara online bersama teman-teman dengan instruktur yang siap mengarahkan para pesertanya. Tak sedikit juga instansi yang mengadakan olahraga online ini untuk para karyawannya.

Di situasi seperti saat ini, kesehatan memang seharusnya dijaga dengan baik. Salah satunya melalui olahraga. Apalagi jika dilakukan secara bersama, meski tak bisa saling berdekatan sebagaimana biasanya.

6  Traveling virtual
Ketahuilah, social distancing tidak bisa membatasi Anda untuk tetap bersosialisasi ataupun sekadar traveling. Karena saat ini, Anda bisa melakukan semuanya secara virtual.
Coba saja cari di mesin pencarian, ada banyak tawaran traveling secara virtual ke beberapa tempat wisata. Anda juga bisa sekadar menelusuri Google Street View dan berputar-putar di lokasi yang Anda inginkan.

Memahami pentingnya bersosialisasi secara virtual saat pandemi
Manusia merupakan makhluk sosial yang perlu tetap terhubung dengan orang lain, apapun kondisinya. Pasalnya, menjalin hubungan dengan orang-orang terdekat mampu memunculkan rasa bahagia. Hal ini juga membantu mengatasi stres akibat pandemi yang mengharuskan setiap orang tetap berada di rumah.
Ini adalah situasi yang menantang, apalagi bagi anak muda yang memiliki kebutuhan tinggi untuk saling berinteraksi demi mendapatkan perhatian, apresiasi, atau sekadar terkoneksi dengan orang lain.
Ketika Anda memanfaatkan teknologi, seperti misalnya video call, maka hal tersebut bisa membantu untuk mengekspresikan pikiran dan juga perasaan Anda. Deretan aplikasi yang memungkinkan Anda berkomunikasi secara online memang menyediakan fitur-fitur khusus untuk mengekspresikan ide kreatif dan inovatif.
Fitur ini juga dibuat untuk meningkatkan kepercayaan diri penggunanya ketika mereka dihargai oleh orang lain yang membuat kesehatan mental mereka jadi lebih baik selama situasi yang tidak menentu ini masih terus terjadi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x