Mohon tunggu...
Nurhasanah
Nurhasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Istirahat sebentar, jangan menyerah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UNISMA Bekasi: Sosialisasi Covid-19 dan Pelatihan Pembuatan Bucket Snack

16 September 2021   17:04 Diperbarui: 16 September 2021   17:06 144 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Universitas Islam '45 Bekasi (UNISMA Bekasi) mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau sering disebut KKN yang dilakukan oleh mahasiswanya mulai tangUniversitas Islam '45 Bekasi (UNISMA Bekasi) mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau sering disebut KKN yang dilakukan oleh mahasiswanya mulai tanggal 17 Agustus 2021. Kondisi pandemi Covid-19 ini mengharuskan kegiatan KKN ditahun ini dilakukan secara mandiri di Domisili Tinggalnya masing-masing.  Hal ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mengurangi angka penyebaran Covid-19. Kegiatan KKN tahun ini diberi nama KKN Era Covid-19.

Nurhasanah merupakan Mahasiswi Universitas Islam '45 Bekasi dari Fakultas Ekonomi program study Manajemen menjalankan kegiatan KKN Era Covid-19 di RT.04/RW.04 Desa Sukaraya, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi.

KKN ini dilaksanakan selama 25 hari secara online dengan Program Kerja yang di jalankan yaitu program wajib bertema "Pencegahan Penyebaran Covid-19" dan program berbasis keilmuan Manajemen bertema "Menciptakan dan Memberdayakan Jiwa Kewirausahan".

Kegiatan pertama dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2021, menjalankan Program Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan membuat Spanduk dan Video yang berisi pesan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya 5M (1. Memakai Masker; 2. Menjaga Jarak; 3. Mencuci Tangan; 4. Menghindari Kerumunan; dan 5. Mengurangi Mobilitas) dan ajakan Vaksinisasi Covid-19. Hal ini dilakukan demi mengurangi penyebaran virus Covid-19.  Spanduk ini diletakan di bagian depan dan samping salah satu rumah warga yang banyak dilewati oleh warga sekitar sehingga pesan yang disampaikan dalam spanduk tersebut tersampaikan. Selain itu, program ini juga memberikan masker bagi masyarakat yang sedang di luar rumah agar tetap mematuhi prokes.


Kegiatan selanjutnya yaitu menumbuhkan jiwa kewirausahaan dengan mengadakan sharing season tentang kewirausahaan yang dilaksanakan pada tanggal 27 September 2021 dan pelatihan Pembuatan Bucket Snack yang dilaksanakan pada tanggal 04 September 2021 pada remaja sekitar yang bisa dijadikan sebagai salah satu peluang untuk berwirausaha dengan memanfaatkan kreatifitas serta modal yang sedikit namun diminati kebanyakan orang saat ini. 

Biasanya Bucket Snack diberikan untuk acara spesial seperti wisuda, ulang tahun ataupun kelulusan sekolah. Bucket snack ini harganya lebih terjangkau dan bervariasi tergantung snack yang akan di pakai. Selain itu bucket snack juga lebih efisien dibanding dengan bucket bunga karena snack yang dijadikan bucket dapat dimakan. Pelatihan ini dilakukan secara online melalui video tutorial Youtube yang dibagikan melalui WhatsApp Grup.

Dokpri
Dokpri


Dan kegiatan terakhir yang dijalankan yaitu Pelatihan pembuatan toko di Shopee, karena banyak masyarakat yang ingin memulai berwirausaha tapi terhalang oleh tempat untuk menjalankan usahanya. Di era digitalisasi ini, kita bisa memulai berwirausaha dengan memanfaatkan rumah sebagai tempat untuk menjalankan produksi. Dan membuat toko  di salah satu e-commerce yaitu Shopee, untuk meminimalkan budget kita jika harus menyewa toko offline.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan