Mohon tunggu...
Nurhalis ZainalAbidin
Nurhalis ZainalAbidin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UM

hi!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN UM 2021 Dalam Mempromosikan Pesona Wisata Desa Senggreng

22 Juli 2021   04:37 Diperbarui: 22 Juli 2021   05:05 465 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan pariwisata telah melibatkan banyak komponen. Salah satunya adalah aktivitas wisatawan yang secara langsung telah terlibat dalam kehidupan sosial. Hal itu dilihat dari masyarakat yang menjadi wisatawan, penyedia objek pariwisata, dan penerima wisatawan. Hubungan sosial ini sangat berpengaruh pada perkembangan pariwisata. Dengan kegiatan pariwisata ini masyarakat bisa berinteraksi dan bertransaksi dari satu dengan lainnya. Hubungan telah terjalin baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang datang dalam melakukan perjalanan untuk mengenal berbagai objek wisata. Objek wisata merupakan sesuatu tempat yang menjadi pusat daya Tarik dan dapat memberikan kepuasan khususnya wisatawan. Hal ini sangat penting untuk membudidayakan suatu objek wisata baik dengan mengembangkan dan menjaga kebudayaan itu sendiri. Pengembangan objek wisata ini menjadi acuan sebagai sumber penghasilan utama bagian setiap daerah. Karena hal tersebut akhirnya tercetuslah sebuah ide dari Mahasiswa KKN UM dalam mempromosikan objek wisata Di Desa Senggreng, selengkapnya dibahas pada paragraf berikut. Pelaksanaan Kegiatan Promosi Objek Wisata di Desa Senggreng ini dimulai pada tanggal 1-21 Juli 2021 dengan beberapa tahap yakni perencanaan, persiapan, pelaksanaan serta evaluasi. Pada tahap perencanaan program promosi objek wisata ini diawali dengan survei lokasi yang merupakan titik potensial wisata Desa Senggreng yaitu kawasan wisata Rajut Indah (Kecopokan, Desa Senggreng, Kec.Sumberpucung, Kab. Malang) dan Cafe Apung (Krajan Senggreng, Kec.Sumberpucung, Kab. Malang). Untuk Kondisi dari kedua objek wisata tersebut dapat dikatakan sudah memadai dalam aspek infrastruktur serta akses bagi pengunjung, namun dari hasil survei lokasi ini aspek kebersihan dari wisata Rajut Indah kurang diperhatikan pada sekitar warung makan area pesisir waduk Karangkates terlihat banyak sampah menumpuk hal ini mengurangi nilai estetik dan view pengunjung dalam menikmati indahnya waduk serta desa-desa diseberangnya.

dokpri
dokpri
Selain itu, beberapa infrastruktur kurang perawatan contohnya adalah patung, ayunan, dan beberapa spot yang warnanya sudah memudar. Sehingga dengan hasil survei tersebut direncankan untuk mengadakan pembersihan serta memperbaiki ayunan yang menjadi tempat menarik bagi pengunjung. Setelah survei, dilanjutkan dengan penyiapan akun Instagram dan Youtube sebagai media promosi, tentunya isi kontennya merupakan dokumentasi foto serta video yang diambil setelah melakukan pembersihan dan pembaharuan infrastruktur. Selanjutnya selagi mempersiapkan proker lainnya, dilakukan penyiapan alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembersihan juga perbaikan ayunan, sehingga pada saat mendekati hari pelaksanaan program kerja persiapan sudah siap. Pada tanggal 9 juli 2021 dilakukan pembersihan area sekitar waduk yang menjadi spot ramai pengunjung yaitu sekitar toilet dan warung makan. Kegiatan ini dimulai jam 07.30-12.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon sekitar Rajut Indah, merupakan kerja sama dengan Tim proker penanaman pohon. Untuk kegiatan pemasangan ayunan dilakukan bersamaan dengan penutupan KKN desa Senggreng.
dokpri
dokpri
Pada objek wisata Cafe Apung hanya dilakukan pembuatan video yang menampakkan potensi juga kelebihan wisata tersebut sehingga nantinya akan menjadi bahan konten dari sosmed yang telah disusun. Hal tersebut dilakukan karena dari kebersihan juga sarana prasarana sudah memadai.

Pengembangan objek wisata dapat dilakukan dengan berbagai cara. Hal itu terlihat dari promosi objek wisata, pembudidayaan objek wisata dan fasilitas yang mendukung. Dalam hal ini dibuktikan di Desa Senggreng terdapat objek wisata yaitu Rajut Indah dan Cafe Apung. Dalam objek wisata Rajut Indah  disini masih kurangnya kesadaran terdapat kebersihan. Dalam permasalahan tersebut maka yang akan dilakukan adalah mempromosikan objek wisata dengan membersihkan waduk dan melakukan perbaikan atau pembaruan fasilitas yang didukung. Sekaligus juga dapat mempercantik waduk yang awalnya kotor tidak terawat menjadi waduk yang akan terlihat lebih terawat. Dan perbaikan sarana dan prasarana agar objek wisata ini dapat berjalan dengan semestinya dan diharapkan banyak wisatawan local maupun non lokal dapat mengunjungi wisata tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan