Mohon tunggu...
Nur Halimah
Nur Halimah Mohon Tunggu... Gabut yang positif

Kalau ada bahan aja

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mengatasi Kulit Kering, Jerawat, dan Bekasnya

19 September 2020   16:49 Diperbarui: 19 September 2020   19:09 39 3 0 Mohon Tunggu...

Masalah kulit kering, jerawat dan bekasnya yang sulit hilang, menjadi hal yang bikin kesel semua orang. Tipe dan masalah kulit setiap orang juga berbeda-beda. Ada yang normal, berminyak, kering, dan berjerawat atau mengalami semuanya. Baik kulit wajah berminyak atau kering biasanya menyebabkan wajah kerawatan.

Belum lagi masalah bekasnya yang sangat sulit dihilangkan. Akhirnya banyak orang yang gonta-ganti skincare, alhasil malah memperburuk kondisi kulit. Dari pengalaman aku, terlalu cepat gonta-ganti produk skincare itu kurang baik, coba kasih rentang waktu minimal 2 minggu pemakaian. Selain itu liat dulu efek dan gejala yang ditimbulkan. Gejala seperti kulit memerah, kering, gatal, jerawat beruntus adalah efek ketidak cocokan skincare yang kamu pakai. Kunci cocok atau tidak skincare adalah sabar, gak sehari dua hari langsung memberikan perubahan yang kamu inginkan yaa.

Aku sendiri pernah punya pengalaman dari semua kondisi kulit diatas. Jerawatan, kulit kering bersisik, berminyak sudah pernah aku alami. Namun kadar masalah kulit wajahku masih terbilang normal-normal saja dan mudah diatasi. Kondisi kulitku yang sangat sensitif suka berubah-ubah tergantung cuaca, air yang aku pakai, atau kondisi tubuh. 

Biasanya kebanyakan wanita yang memiliki kulit normal tetap saja mengalami kondisi kulit yang berjerawat ketika PMS. Jerawat muncul sebulan sekali, tetapi bekasnya sangat menganggu penampilan, alhasil kalau keluar rumah ditutupi dengan makeup sebisa mungkin. Banyak produk skincare yang menawarkan memudarkan bekas jerawat, tapi itu lama banget. Belum hilang bekasnya yang bulan lalu, sudah muncul jerawat baru. Galau banget deh ...

Buruknya, baik didepan orang atau tidak, banyak wanita yang kesal dengan kondisi wajahnya kalau lagi bermasalah, walaupun mereka sedang sendiri didalam rumah. Aku juga mengalami perasaan tersebut wkwkwk. 

Aku ingin berbagi rekomendasi rangkaian skincare sederhanaku. Karena jerawat sudah menjadi sahabatku bertahun-tahun. Mungkin salah satu dari kalian ada yang tipe kulitnya sepertiku.

Empat tahun lalu waktu aku berusia 19 tahun, kondisi wajahku normal, berminyak dan suka muncul jerawat kecil ketika PMS saja. Tentu saja aku berjuang banyak gimana caranya biar gak berminyak dan kusam, lalu gimana jerawat ga tumbuh pas PMS. 

Waktu itu aku tinggal di Jakarta, kalau di Kota Jakarta yang panas wajahku jadi berminyak. Skincare yang aku pakai cukup sederhana hanya sabun muka aja. Sabun muka dari brand Acnes Series, tentu saja ini brand khusus jerawat ya. Aku pakai Acnes Treathment Series Creamy Wash, iya ini sabun muka gitu. Aku cuci muka sehari 2x kadang lebih, alhamdulillah kondisi kulitku membaik.  Dari yang tadinya berminyak dan jerawat, selama empat tahun dari aku Maba sampe lulus aku gak pernah jerawatan lagi. Yeaayy..

Aku akui brand Acnes ini bagus banget ya, sebelum aku pake Acnes udah puluhan brand dan merk yang aku coba.  Semua yang ada di mini market terdekat merk Wardah, Garnier, Clean and Clear, Ponds, Dove, Nourish skin, dan lainya semua aku cobain.  Karena aku taunya beli skincare alias sabun muka ya di mini market tersebut, sabun-sabun yang di pajang aku coba satu-satu. Wkwkwkwk 

Tahun ketiga dimasa kuliah aku banyak belajar soal skincare sederhana lewat youtube. Mencari tau merk-merk bagus lewat beauty influencer. Baru setelah dua tahun aku tambah daftar skincareku Nature Republic Aloevera Gel untuk masker dan buat menghilangkan bekas jerawat aku pake Bio Oil. Awalnya ngasal dan beneran coba-coba. 

Ilmu-ilmu tersebut aku dapatkan random gitu, dan ternyata cocok banget. Karena waktu itu aku mulai doyan make-up pan, jadi level skincare aku kayanya musti naik deh jangan cuma sabun muka saja wkwkwk.

Setelah lulus kuliah bulan Juni kemarin, aku sudah tidak menetap di Jakarta. Jakarta kan kota yang panas, dan aku balik ke kampung halaman di Bogor yang cuacanya jauh banget alias dingin karena deket gunung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x