Mohon tunggu...
Nur Halimah
Nur Halimah Mohon Tunggu... Gabut yang positif

Kalau ada bahan aja

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Tata Cara Doa Agar Keinginan Tercapai

16 September 2020   15:28 Diperbarui: 16 September 2020   15:54 30 1 0 Mohon Tunggu...

Setiap manusia pasti memiliki banyak keinginan. Terkadang kita merasa sulit bahkan tidak mampu untuk mewujudkan keinginan tersebut. Karena sejatinya adalah setiap sesuatu yang kita miliki adalah pemberian dari Allah SWT. Sekeras apapun usaha kita untuk mewujudkan sebuah keinginan, akan tetapi jika Allah SWT tidak menghendakinya, maka keinginan itupun tidak akan pernah terwujud. Kita hanyalah makhluk yang tidak memiliki kekuatan dan sesuatu apapun jika Allah SWT tidak memberikannya.

Oleh karena itu, dalam setiap hidup ini, kita sangat bergantung pada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang patut disembah dan hanya Dia-lah yang mampu memberikan segala kebutuhan kita.

Salah satu cara meminta kepada Allah SWT untuk mewujudkan keinginan kita adalah dengan berdoa. Selain berdoa, kita juga harus ikhtiyar (berusaha) untuk mewujudkan keinginan tersebut. Doa dan usaha harus seimbang agar keinginan kita lekas terkabul. Jika hanya berdoa tanpa usaha, itu akan sia-sia, dan jika hanya berusaha tanpa berdoa, itu berarti sombong. Perlu diketahui, bahwa berdoa merupakan salah satu perintah Allah kepada hamba-Nya.

Allah SWT adalah Tuhan kita yang Maha Kaya, segala hidup dan kehidupan di semesta ini ialah milikNya. Zaman sekarang semua terasa sulit, baik mencari rezeki dan juga urusan lain seperti Jodoh, Kehidupan, Pasangan, dan lainya. Maka kita harus berusaha mendekati Allah SWT dalam setiap doa kita.


Allah SWT Berfirman : "Dan Tuhanmu berfirman : "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (QS. Al Mu'min: 60)

Lalu doa-doa apa saja yang dapat menunjang agar keinginan kita tercapai ? Sejatinya setiap doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya yang telah disebutkan di atas. Akan tetapi, Allah memiliki kebijakannya tersendiri dalam mengabulkan setiap doa-doa hamba-Nya. Ada yang langsung dikabulkan, ada yang disimpan untuknya di akhirat, atau diganti dengan dicegahnya dari musibah.

*Nabi Muhammad Saw. Bersabda : "Tiada seorang berdo'a kepada Allah dengan suatu do'a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa." (HR. Ath-Thabrani)

Hal tersebut bukan karena Allah SWT tidak mampu mengabulkan doa yang kita panjatkan dengan sekitika. Melainkan Allah memiliki rencana tersendiri. Selain itu, kita juga harus memperhatikan adab-adab yang baik dalam berdoa. Berikut adalah doa-doa yang bisa dipanjatkan agar Doa agar Keinginan Tercapai, di antaranya:

1. Membaca Surat Al FatIkIkIkhlas


Salah satu bacaan surat yang mustajab dijadikan doa agar keinginan tercapai. Surat Al Fatihah merupakan "Ummul Kitab" atau induk dari Al Qur'an. Surat Al Fatihah juga merupakan surat yang wajib dibaca ketika shalat.


Ayat ke 5 surat Al Fatihah berbunyi : "Iyyakana'budu wa iyyakansta'in."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x