Mohon tunggu...
Nur Habibah
Nur Habibah Mohon Tunggu... Guru - Mencoba mulai menularkan literasi dalam kegiatan sehari-hari menulis

seorang pendidik dari dua orang anak

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ibu Lingkungan Kehidupan Keluarga

27 September 2021   09:12 Diperbarui: 27 September 2021   09:18 52 4 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ibu Lingkungan Kehidupan Keluarga
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lingkungan hidup merupakan sebuah kesatuan dimana kita semua berada yang saling berintegrasi satu dengan lain. Dalam lingkungan hidup terdapat beberapa unsur yaitu makluk hidup dan makluk tak hidup. Dua hal ini saling keterkaitan contohnya pada aktifitas kita sebagai manusia sangat tergantung pada udara, tanah, dan air. Air, tanah, udara dan hewan, tumbuhan sebuah ekosistem hidup. Hubungan ini merupakan sebuah rantai kehidupan yang tak dapat dipisahkan satu dengan lainnya.

Manusia memulai kehidupannya dari rumah bersama anggota keluarganya. Peran seorang ibu dalam kelanjutan kehidupan anggota keluarga menjadi ujung tompak kehidupan. Mulai dari rumah, seorang ibu akan dapat menggerakkan anggota keluarganya hingga mampu berdaya bagi lingkungan sekitarnya untuk masyarakat. Bagaimana seorang ibu membentuk kepribadian dan kemampuan anak.

Ibu yang mempunyai segudang pengalaman harus mampu memberikan pengalaman kepada anak-anaknya. Peran aktif seorang ibu memberika kasih sayang mulai dari melahirkan, memberikan status, memberikan pendidikan kepada anak-anaknya, melindungi anak-anaknya dari gangguan luar terutama fisik, ekonomis, sosial serta dapat memberikan rekreasi bagi anaknya. Berbagai fungsi seorang ibu yang mengandung nilai-nilai bangsa dan agama. Ibu merupakan tempat pertama untuk mulai belajar mengenai nilai-nilai yang berlaku di lingkungan.

Dalam menjalani kehidupan berbagai hal yang dihadapi. Kekokohan seorang ibu dalam menghadapi krisis, konflik, hambatan yang muncul dihadapi dalam sebuah keluarga. Bagaimanapun kuatnya konflik dalam kehidupan yang dilalui peran ibu terbentuk antara hubungan suami dan anak-anak yang begitu erat akan dapat dilalui. Bagaimana kehidupan anak, yang mulai dalam kandungan seorang ibu, mulai mengasuh dalam bimbingan seorang ibu, ayah baik secara psikologi maupun biologis. 

Banyak hal yang berhubungan dengan proses pendidikan dalam memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang. Suasana rumah yang dapat merangsang anak untuk selalu belajar dan mengembangkan kemampuannya. Selain itu seorang ibu harus mampu memberikan kesempatan kepada anaknya untuk mengambil sebuah keputusan sebagai pola pembelajaran dalam proses mandiri.

Agama telah mengajarkan kita semua bahwa perempuan selalu mempunya peran ganda dalam masyarakat. Perempuan dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya dapat melakukan fungsi sebagai seorang anak, istri, ibu dan sebagai anggota masyarakat. Bagaimana seorang perempuan mampu menciptakan lingkungan yang sehat bagi masyarakat dan khususnya keluarganya.

Banyak para perempuan pempunyai fungsi ganda  yang berperan langsung dalam kehidupan masyarakat luas. peran langsung ini seperti pendidik, dokter, pakar ekonomi, tokoh agama. Walapun tugas dan fungsinya begitu banyak, namun tugas pokok sebagai istri dan ibu bagi anaknya. Perempuan mampu mempersiapkan generasi bangsa dan mampu menggenggam dunia sebagai istilah perempuan tiang negara. Professional perempuan menjadi acuan yang harus diacungkan jempol dalam perannya dalam lingkungan hidup berkelanjutan demi generasinya.

Konferensi ibu berkelanjutan harus mampu mengembangkan literasi bagi anggota keluarganya. Peran perempuan dalam masyarakat sebagai pendidik generasi bangsa yang mampu mengenggam dunia harus dapat dilindungi  serta mempunyai kekuatan yang kokoh. Dalam Al quarn Allah berfirman dalam surah An-Nisa ayat 29-33 bahwa dalam Islam melindungi hal laki-laki dan perempuan. Tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

Perempuan Indonesia harus mampu mengupdate informasi sesuai dengan seiring perkembangan anak-anaknya. Hingga mampu memberikan arahan, bimbingan dan pengawasan terhadap informasi yang didapat oleh anak-ana lewat teknologi. Kreatifitas anak akan terbangun dengan sendirinya jika peran ibu dalam mencarikan sumber daya yang menambah wawasan bagi keluarganya.

Lingkungan kehidupan berkelanjutan berada di pundak seorang perempuan. Awal alangkah generasi dari rumah yang akan menggenggam dunia dalam karya nyata, berkat semangat juang ibu professional yang mampu mengoyang dunia dalam konferensi ibu pembaharu masa depan dunia, yang menanamkan nilai-nilai budaya, agama yang memiliki kepribadian cinta tanah air Indonesia.

           

#darirumahuntukdunia

#sayebaracatatanperempuanKIP2021

#konferensiibuperempuan2021

#ibuprofesion

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan