Mohon tunggu...
Nur Habibah
Nur Habibah Mohon Tunggu... Saya seorang guru di SMKN4 pekanbaru. dan mencoba mulai menularkan literasi dalam kegiatan sehari-hari mennulis

Saya seorang guru mengajar di SMKN4 Pekanbaru Riau

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Moss Rose Alias Bunga Pukul Delapan (Portulaca Agrandflora Hook)

4 Oktober 2020   08:00 Diperbarui: 4 Oktober 2020   08:16 24 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Moss Rose Alias Bunga Pukul Delapan (Portulaca Agrandflora Hook)
Koleksi Pribadi

Bunga yang memilki sederatan nama, yaitu: Bunga Kembang Pagi, Krokot, Bunga Pukul Sembilan yang Cantik dengan nama bahasa Latin yaitu Portulaca Agrandflora. Bunga ini berasal dari Amerika Selatan dan menyebar keseluruh penjuru dunia akhirnya sampai ke Inodonesia.

Tanaman bunga ini tumbuh begitu cepat dengan ketinggian 30 cm atau merambat. Daunnya yang tebal dan berdaging dengan ukuran sekitar 1-3 cm, dengan Panjang 2,5 cm. Tersusun berselang seling atau dalam kelompok kecil.

Portulaca Grandiflora memiliki daun tunggal dan tidak mempunyai tangkai. Kelopak bunganya 3-8 yang muncul di ujung batang. 

Bunganya berdiameter 2,5 -- 3 cm, tersusun dengan lima kelopak. Bunga besar mencapai 4 cm. kelima kelopak berwarna magenta cerah berbentuk bulat telur dan panjangnya 15 hingga 26 milimeter. Sekitar ovarium dengan empat hingga Sembilan, kepala putik ada sekitar 50 benang sari kapsul dan biji tidak terlihat.

Mempunyai cabang tunas yang tegak atau menanjak, biasanya terletak dekat pangkal. Penyebaran tananaman bung ini sekitar 20 sampai 25 milimeter dan lebar 2 sampai 3 milimeter berbentuk tangkai hampir diseluruhnya meruncing ke arah ujung.

Bunga ini mekar di pagi hari sekitar jam 8 dan layu Ketika sore. Warna bunganya bervariasi mulai merah, orange, kuning, merah, putih dan bahkan sudah ada campuran warna. Karena mekarnya sekitar pukul delapan pagi maka lebih dikenal dengan bunga pukul Delapan.

 Bunga ini juga memilki buah yang berukuran kecil dan berwarna coklat. Tanaman hiasan ini tumbuh subur di ketinggian 1.400 meter dpl. Tumbuh subur di daerah iklim sedang yang membutuhkan sinar matahari yang cukup dan tanah yang kering, dengan penyebaran tanaman yang mudah.

Perawatan yang sangat mudah dan tidak memerlukan banyak air, dan diperbanyak dengan menggunakan stek daun atau menggunakan biji. Tanaman ini biasanya digunakan untuk menutupi tanah atau di tanam dalam pot.

Bunga Pukul Delapan ini mempunyai khasiat yaitu memiliki kandungan betacyanin, betanin, dan betadin yang mampu mengobati sakit tenggorokan, memar, radang kulit maupun luka bakar.

 Secara klasifikasi ilmiah Portulaka kerajaan: Planta. Devisi Magnoliophyta. kelas:  Magnoliopsida, Ordo: Caryophyllales. Famili: Portulacaceae. Genius: Portulaca. Spesies:Portulaca grandiflora Hook.

 

Referensi.

VIDEO PILIHAN