Mohon tunggu...
nurfadillah
nurfadillah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Riau

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sikap Nasionalisme Pemuda Indonesia

27 Oktober 2020   15:25 Diperbarui: 27 Oktober 2020   15:46 29 1 0 Mohon Tunggu...

Setiap tanggal 28 Oktober seluruh masyarakat Indonesia mengingatnya sebagai Hari Sumpah Pemuda. Kembali mengingat momentum Semangat yang ditorehkan oleh kaum muda yakni semangat yang menyala-nyala tentang tanah air, kebangsaan dan kebahasaan . Semangat kebangsaan para pemuda Indonesia tertuang didalam Sumpah Pemuda yang pertama kali dikumandangkan pada 28 Oktober 1928 yang menjadi inspirasi dalam mempertahankan dan merawat persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia ( NKRI ).

Sumpah Pemuda lahir atas prakarsa kongres pemuda kedua, yang berasal dari perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia ( PPPI ) sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Oleh karena itu pemuda harus mampu menjadi pengerakan perubahan bangsa. pemuda harus menjadi inspirasi lahirnya sikap nasionalisme dan membangun kemajuan bangsa.

Saat ini menjaga tanah air tidak lagi dengan perang dan senjata. Pemuda harus mewujudkan sikap nasionalisme dan kebangsaan dengan prestasi, Pengetahuan Inovatif,  dan krativitas dari semua bidang yang harus mewarisi semangat api sumpah pemuda tidak pernah padam dan redup oleh kepentingan apapun.
Peranan pemuda sebagai generasi penerus bangsa :


1. Agent of Change
pemuda sebagai perubahan dalam lingkungan masyarakat kearah yang lebih baik.
2. Agent of Developmentn
Pemuda sebagai macam pembangunan di berbagai bidang  seperti kebudayaan.
3. Agent of Modernizations
Pemuda sebagai pembaruan di era modern seperti sekarang  dan mudahnya budaya luar masuk kebangsa ini , pemuda harus mempertahankan identitas bangsa dan tidak membuat bangsa ini menjadi ketinggalan dalam bidang teknologi .
4. Membangun pendidikan  karna dapat meningkatkan dan meratakan mutu pendidikan di Indonesia.
5. Memiliki semangat juang yang tinggi pada pemuda sangat penting, dalam setiap pemuda harus ada sikap tidak mudah menyerah, menjaga persatuan dan kesatuan, serta cinta tanah air
 







VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x