Mohon tunggu...
Nur Fadilah
Nur Fadilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selamat membaca, semoga bermanfaat :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN Tematik UPI 2021: Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video di Masa Pandemi Covid-19

29 Juli 2021   00:07 Diperbarui: 29 Juli 2021   18:17 107 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi Covid-19 sampai saat ini masih menjadi permasalahan utama di Indonesia. Adanya pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh pada berbagai sektor kehidupan, salah satunya pendidikan. Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Berbagai inisiatif dilakukan untuk memastikan kegiatan belajar tetap berlangsung meskipun tidak adanya sesi tatap muka langsung. Hal ini mengharuskan lembaga pendidikan menjalankan proses kegiatan pembelajaran secara jarak jauh (PJJ). Akibatnya, pendidik dituntut untuk mendesain pembelajaran dengan memanfaatkan media daring (dalam jaringan) atau online.

Proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19 ini tentu tidak semua berjalan dengan mulus. Bagi sebagian guru mengalami kesulitan dalam menyiapkan pembelajaran yang sesuai secara daring (online)

Tak hanya guru, siswa maupun orang tua juga mengalami berbagai kendala, seperti kesulitan menggunakan teknologi yang ada, keterbatasan kuota internet, tidak memiliki gawai pribadi bahkan terdapat siswa yang hanya memiliki satu gawai dalam satu lingkungan keluarga yang mengharuskan penggunaan gawai secara bergantian, sehingga dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini guru hanya memberi tugas melalui WhatsApp Group orang tua, tanpa memberikan penjelasan materi yang menyebabkan siswa cenderung kurang memahami pembelajaran.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) saat ini melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ikut berpartisipasi dalam penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi dan pendidikan. Sebagai program yang sudah cukup lama dilaksanakan dan dikembangkan di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, pelaksanaan KKN Tematik ini dijadikan sebagai wahana belajar dan pengabdian mahasiwa kepada Masyarakat melalui program-program yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. 

Dengan demikian, diharapkan melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi (KKN Tematik MDBPE-MBKM), mahasiswa dapat berkontribusi nyata untuk mengatasi masalah di bidang pendidikan sekaligus memberikan edukasi mengenai upaya pencegahan Covid-19. 

Kegiatan KKN Tematik tersebut dilakukan di lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing mahasiswanya. Sebagai salah satu mahasiswa UPI, penulis yaitu Nur Fadilah dari jurusan Pendidikan Ekonomi memilih tema "Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan". Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini penulis melaksanakan sasaran pada Sekolah Dasar (SD) di lingkungan sekitar tempat tinggal. 

Penulis berdiskusi terlebih dahulu dengan guru kelas 5 SD terkait permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi. Berdasarkan informasi dari wali kelas 5 yaitu Ibu Rahmah mengatakan bahwa selama ini pembelajaran daring fokus dilakukan dalam bentuk rekaman suara penjelasan materi dan pemberian tugas melalui WhatsApp Group. Beliau juga mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan karena terdapat kendala dari beberapa siswa dan orang tua seperti keterbatasan gawai, keterbatasan kuota internet, serta terdapat guru dan orang tua yang masih belum ahli dalam menggunakan media pembelajaran daring.

Salah satu upaya dalam permasalahan tersebut untuk membantu guru dalam pembelajaran kepada siswa dengan baik yaitu dapat menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran dapat disajikan dalam berbagai macam, seperti: media audio, media visual, media audio visual, media cetak, dan media interaktif. Dalam hal ini, penulis melakukan salah satu program KKN Tematik yaitu penguatan pembelajaran daring dengan membuat media pembelajaran berupa audio visual atau video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi berbasis Web seperti Animaker, Powtoon, dan lain sebagainya, dengan tujuan dapat membantu dan mempermudah guru menyampaikan materi pelajaran kepada siswa pada proses pembelajaran.

Selain itu, dengan penggunaan media pembelajaran berbasis video tersebut diharapkan dapat menjadi suatu solusi terbaik untuk membantu efektifitas pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan juga membuat siswa lebih aktif serta dapat lebih memahami materi pembelajaran daring dengan cara memutar kembali video pembelajaran kapan-pun yang siswa inginkan, di luar jam pembelajaran.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN