Mohon tunggu...
Nur Dwi Yanti
Nur Dwi Yanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Adakala ketika kita mencoba bersama untuk bergerak, sebagian ada yang mundur teratur. Adakala ketika kita terdiam semua bergerak...

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Game Edukatif melalui Quizizz

5 April 2022   21:25 Diperbarui: 5 April 2022   21:59 362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kini banyak edu aplikasi yang berkembang, namun masih banyak pendidik tidak dapat memanfaatkan secara maksimal. Ada banyak kendala yang perlu dibenahi. Seiiring dengan perkembangan teknologi, semoga seluruh pendidik dan peserta didik di Indonesia dapat memanfaatkan secara maksimal edu aplikasi berbasis kepada lingkungan dan pembelajaran kontekstual.

Quizizz adalah salah satu aplikasi berbasis web juga dapat diakses melalui apk melalui playstore. Ada beberapa fitur yang di berikan untuk proses e-learning. 

Seperti yang dipaparkan oleh Ely Marlina, S.Pd pada pertemuan ke 5, Kelas Inovasi pada hari Jum'at ,01-04-2022 bahwa Quizizz dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik untuk berinteraksi secara daring melalui fitur-fitur yang disediakan seperti kegiatan pembelajaran serta evaluasi yang berbasis game.

Fitur evaluasi dan e-learning berbasis game tentu saja akan banyak sekali diminati peserta didik, apalagi dengan dilengkapi dengan gambar meme yang lucu tampil saat peserta didik menjawab pertanyaan ketita salah atau pun benar. Bahkan ada fitur power up untuk memberikan peluang peserta didik menjawab kembali pertanyaan yang salah.

Selain itu Quizizz dapat diintegrasikan dengan plaform lain, seperti blog atau GCR (google classroom). Adapun akses pemanfaatannya disesuaikan apakah jenis gratis atau berbayar. 

Untuk yang tak berbayar ada beberapa akses yang di kunci seperti mengunduh gambar hanya dibatasi hingga 10 dan akses membuat slide pembelajaran terbatas untuk mengupload file tertentu. Sementara untuk akun super maka pendidik dapat mengembangkan beberapa fitur seperti pada gambar berikut:

Dok. Pribadi2
Dok. Pribadi2

Pemanfaatan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran, merupakan salah satu dari banyak plaform yang dapat digunakan oleh pendidik untuk mengembangkan media ajar yang menarik berbasis e-learning.

Pemanfaatan aplikasi e-learning merupakan salah satu pengembangan potensi pendidik di bidang ICT, banyak plaform yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan baik yang berbayar atau pun gratis. Bahkan Kemdikbudristek meluncurkan aplikasi Merdeka Belajar untuk menunjang para guru dalam berbagi dan memanfaatkan fitur-fitur pembelajaran dan evaluasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun