Mohon tunggu...
Nur Diana Putri
Nur Diana Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Nama saya Nur Diana Putri, saya seorang mahasiswa baru di salah satu perguruan tinggi di Pekanbaru.

Ingin membuat tugas dan membaca.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Nilai-nilai Pemuda Pancasila

19 April 2021   10:25 Diperbarui: 19 April 2021   11:01 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum wr.wb

Halo perkenalkan nama saya Nur Diana Putri mahasiswa Umri jurusan Ilmu Komunikasi. Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan Nilai-Nilai Pemuda Pancasila. Terimakasih atas perhatiannya, selamat membaca.

 Peran pemuda Pancasila adalah memperteguh penanaman nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari karena saat ini banyak masyarakat dan para pemuda lainnya melupakan nilai-nilai Pancasila yang menjadi ideologi bangsa negara.

Mengapa saya mengambil tema nilai-nilai pemuda Pancasila? Karena saya sebagai pemuda Indonesia memiliki rasa tanggung jawab dan berperan penting dalam menjadikan negara Indonesia sebagai negara yang maju. Siapa lagi yang melanjutkan perjuangan para pahlawan, kita para pemudalah yang akan melanjutkan dan berperan penting di dalamnya untuk merubah pandangan orang terhadap suatu bangsa.

Kita ambil contoh dari pergerakan pemuda kemerdekaan republik Indonesia yang di lakukan oleh pemuda pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Ir. Soekarno pernah berkata "beri aku 1000 pemuda dan akan aku guncangkan dunia". Bisa kita ambil kesimpulan dari kutipan Ir. Soerkarno bahwa pentingnya peran pemuda Indonesia dalam kemajuan negara karena pemudalah yang akan meneruskan perjuangannya.

Sebagai pemuda kita harus melakukan pergerakan dan menunjukkan bahwa negara Indonesia akan menjadi negara yang maju, sehingga kita akan membuat suatu perubahan yang besar untuk kemajuan negara Indonesia. Salah satu contohnya pemuda- pemudi yang berani menyuarakan suara rakyat kecil ketika tidak mendapatkan keadilan. Dengan cara ini kita sudah termasuk berperan dalam perubahan yang lebih baik lagi.

Saya sebagai rakyat dan pemuda Indonesia bangga menjadi bagian dari negara yang sangat kita cintai ini. Bangga akan sumber daya alamnya, dan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Kita harus bangga dan menjaga serta melestarikannya. Karena pemuda memiliki tanggung jawab dalam perubahan besar dalam negara. Dimana pemuda berkontribusi dalam kemajuan negara

Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada pemuda yang sudah berkontribusi dalam perubahan dan pergerakan bagi Indonesia.

Terimakasih kepada bapak Ilham Hudi,Sp,d,mp-d

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun