Mohon tunggu...
NURDIANA LESTARI
NURDIANA LESTARI Mohon Tunggu...

harap commentnya ya,

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Memahami Konsep Belajar dan Konsep Pembelajaran

30 September 2011   10:51 Diperbarui: 26 Juni 2015   01:28 1539 0 0 Mohon Tunggu...

MEMAHAMI KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Seorang guru merupakan seorang pendidik, yang tugasnya mendidik dan mengajar siswanya. Guru harus menyusun pembelajaran agar terjadi perkembangan belajar pada siswa. Tapi tahukah apa itu belajar? Dan bagaimana proses belajar itu? bagi seorang guru, sangatlah penting untuk memahami bagaimana siswanya belajar dan bagaimana proses siswa belajar. Selain itu, guru harus bisa mengorganisasikan proses pembelajaran agar dapat mengembangkan kemampuan siswa, karena pembelajaran merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan belajar yangmenghasilkan proses belajar dan berkembangnya belajar pada diri siswa. dari hal tersebut ada kaitan mengenai belajar dan pembelajaran, yaitu pembelajaran sengaja dilakukan untuk menghasilkan belajar atau dengan kata lain belajar merupakan parameter pembelajaran. Tetapi tidak semua belajar merupakan konsekuensi dari pembelajaran, seperti, anak yang tidak mentaati rambu-rambu lalu lintas.

Kata Belajar adalah suatu kata yang sudah tidak asinglagi bagi semua lapisan masyarakat. Belajar merupakan sesuatu yang dibutuhkan bagi semua orang. Banyak para ahli yang mengemukakan pengertian dari belajar itu. Seperti Menurut T. Raka Joni (1981) mengemukakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh matangnya seseorang atau perubahan yang bersifat temporer. Kemudian dalam pengertian yang sangat luas, Anita E. Woolfolk, menegaskan bahwa belajar terjadi ketika pengalaman menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada individu. Dan menurutAbidin Syamsudin, mendefinisikan bahwa belajar adalah perbuatan yang menghasilkan perubahan perilaku dan pribadi. Dari ketiga pendapat para ahli mengenai pengertian belajar dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu perbuatan yang menghasilkan perubahan pengetahuan, perilaku dan pribadi pada individu. Perubahan itu dapat bersifat penambahan atau pengayaan pengetahuan, perilaku atau kepribadian. Tujuan dari kegiatan belajar yaitu agar dapat menghasikan perubahan pengetahuan baru, ketrampilan dan pribadi anak seseorang sesuai dengan yang diharapkan.

Dari segi proses, proses dari belajar itu meliputi, pertama, perolehan informasi : memperoleh informasi melalui membaca, mendengar atau melihat, kedua, transformasi pengetahuan : suatu proses bagaimana untuk memperlakukan pengetahuan yang sudah diterima agar sesuai dengan kebutuhan. Ketiga evaluasi : mengecek apakah informasi baru tersebut sudah dapat memecahkan masalah sesuai sasaran.

Setelah memahami konsep dari belajar, kemudian memahami konsep pembelajaran, pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa. Implikasinya bahwa pembelajaran sebagai suatu proses harus dirancang, dikembangkan, dan dikelola secara kreatif, dan proses pembelajaran yang kondusif. tujuan dari pembelajaran yaitu untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dari tujuan tersebut, dalam pembelajaran memang harus dirancang dan dibuat secara menarik, jangan sampai dalam proses pembelajaran kurangnya interaksi siswa dalam pembelajaran atau dengan kata lain dalam proses pembelajaran terjadi kebosanan pada peserta didik.

Dalam kegiatan pembelajaran, ada beberapa hal yag dilakukan seperti mengajar, membimbing, melatih, mengatur serta memfasilitasi peserta didik agar bisa belajar dengan baik dan juga dapat tercapainya tujuan dari pendidikan. Dari hal itu, maka dalam proses pembelajaran harus ditata dengan baik, agar peserta didik dapat belajar dengan baik dalam proses pembelajaran, karena proses pembelajaran sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar peserta didik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x