Mohon tunggu...
Nurdiansyah
Nurdiansyah Mohon Tunggu... Pekerja Sosial

Hanya orang biasa yang berusaha agar bisa bermanfaat bagi orang lain dalam kebaikan. SEO https://nurdianweb.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Korelasi Label Pilihan Kompasiana dengan Kualitas Tulisan

5 September 2020   21:14 Diperbarui: 5 September 2020   21:09 90 21 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Korelasi Label Pilihan Kompasiana dengan Kualitas Tulisan
Illustrasi (Sumber: pexels.com)

Kompasiana merupakan tempat terbaik untuk menulis saat ini, dimana disini saya bisa menuangkan pendapat, pengetahuan dan opini saya terhadap sesuatu dan membagikannya kepada para penikmat tulisan.

Tentunya menulis tidak sembarang menulis, di Kompasiana ada standar penilaian tersendiri yang unik, yakni kategori Pilihan dan Artikel Utama. Dua kategori tersebut sudah menjadi standar tulisan kita baik menurut Kompasiana. 

Singkatnya jika mendapat label Pilihan dianggap tulisan anda mempunyai struktur yang sistematis dan menarik, sehingga layak dibaca oleh pembaca diluar Kompasiana terbukti ketika mendapat label pilihan Kompasiana akan membagikan tulisan tersebut ke akun Twitter Kompasiana. 

Selanjutnya yaitu label Artikel Utama, ini adalah label yang sulit didapat bahkan saya sendiri belum pernah mendapat label tersebut. Untuk mendapat label ini tentunya penulis harus mempunyai wawasan yang luas dan mempunyai kedalaman topik yang cukup, dalam mengulas atau mengangkat sebuah topik tulisan.

Nah dari situ saya belajar bagaimana agar tulisan saya paling tidak mendapat label pilihan, sehingga tulisan saya tidak sekedar tulisan saja tapi mendapat penilaian yang baik pula dari Kompasiana, dan tak hanya itu jika tulisan saya baik dan layak diketahui oleh pembaca yang lebih luas tentunya akan dibantu pihak Kompasiana dengan membagikan tulisan saya di akun sosial media Kompasiana, sehingga manfaat dari tulisan saya pun bisa dinikmati banyak orang.

Selain mendapatkan label pilihan saya selalu menyisipkan nilai atau pesan moral yang bisa saya share ke para pembaca, dengan tujuan selain menginformasikan atau berbagi cerita ada sesuatu yang bisa saya dan pembaca bisa ambil pelajaran atau nilai pelajaran dari tulisan saya.

Saya selalu termotifasi untuk paling tidak mendapat label pilihan dari Kompasiana, namun jikalau saya tidak mendapat label tersebut bukan masalah bagi saya yang terpenting adalah saya sudah berusaha berbagi dengan para pembaca melalui tulisan saya. Jika itu bermanfaat bagi pembaca itu sudah membuat saya cukup puas karena dengan tulisan juga kita bisa berbagi kebaikan walaupun cuma sedikit.

Dalam menjalankan sesuatu tentunya kita harus mempunyai target atau standarisasi yang cukup agar semua terbentuk rapi dan baik, karena jika kita melakukan sesuatu tanpa adanya hal tersebut maka hasil yang didapat tentunya tidak akan stabil dan mungkin bisa berantakan. Ibarat antara Kualitas dan Kuantitas pastinya yang diutamakan adalah kualitas baru setelah itu kuantitas.

VIDEO PILIHAN