Mohon tunggu...
Nurdiansyah
Nurdiansyah Mohon Tunggu... Pekerja Sosial

Hanya orang biasa yang berusaha agar bisa bermanfaat bagi orang lain dalam kebaikan. SEO https://nurdianweb.com

Selanjutnya

Tutup

Digital

Daya Tarik Gambar Tajuk dalam Postingan di Kompasiana

9 Maret 2020   20:01 Diperbarui: 9 Maret 2020   19:59 290 4 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daya Tarik Gambar Tajuk dalam Postingan di Kompasiana
Illustrasi Gambar Tajuk (Sumber: newsbonggas.com )

Dalam dunia Blogger tentu saja sangat familiar sekali untuk mencantumkan gambar dalam sebuah tulisan. Ibarat tubuh gambar tajuk layaknya wajah sebuah tulisan, jika dulu ketika kita temui sebuah postingan artikel / berita atau apapun, jika postingan tersebut penuh dengan tulisan maka pembaca pun akan tidak tertarik dengan tersebut, karena banyak alasan. Tentunya kita ingin tulisan kita dapat menarik perhatian pembaca maka dari itu wajib hukumnya memberi gambar tajuk dalam postingan kita, karena hal tersebut mempunyai banyak keuntungan bagi postingan kita di Kompasiana.

Fungsi Gambar Tajuk dalam sebuah Postingan.

Sebuah alat pastinya digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, entah itu manfaatnya kecil maupun besar. Begitu pula juga gambar tajuk yang merupakan sebuah tools dari penciptanya untuk sesuatu yang bermanfaat bagi para pembacanya. Mari kita bahas beberapa fungsi tersebut.

1. Sebagai visualizer sebuah postingan

Fungsi utama gambar tajuk adalah memvisualisasikan konten sebuah postingan. Sebuah postingan tentunya memiliki tema khusus baik itu berita, artikel, atau lainnya dan tugas gambar tajuk adalah merangkum tulisan tersebut menjadi sebuah gambar, tidak mungkin kita membuat postingan berita kebakaran tapi gambar tajuknya adalah foto pemandangan laut. Pembaca pasti akan bingung jika sebuah postingan tidak memiliki gambar tajuk 

2. Menarik minat pembaca

Tak hanya itu fungsi lain juga sebagai daya tarik pembaca agar mau membaca postingan kita, jika sebuah postingan itu memiliki judul dan gambar tajuk yang menarik kemungkinan besar postingan kita akan dibuka oleh Kompasianer / pembaca lain. Apalagi jika sebuah artikel menampilkan gambar yang membuat penasaran maka pembaca pasti mengklik artikel tersebut. Berbeda jika gambar yang dipasang tidak menarik pasti postingan tersebut akan dilewati begitu saja.

3. Meyakinkan para pembaca

Sebuah postingan tentunya perlu memiliki nilai untuk meyakinkan pembaca bahwa yang kita tulis adalah benar dan bukan berita hoaks. Biasanya sering kita baca berita - berita hoaks dengan menggunakan gambar yang baik pula. Nah disini sebagai penulis kita juga perlu mencantumkan gambar yang tidak memiliki unsur hoaks. Nah gambar tajuk juga memiliki peran bahwa postingan yang anda tulis itu benar - benar aktual dan sesuai realita.

4. Sebagai Identitas dari sebuah postingan

Ketika kita mengeshare artikel kita ke medsos seperti facebook, twitter, whatshapp atau lainnya pasti kita mengenal thumbnail yaitu gambar kecil yang muncul di samping link postingan kita, pastilah thumbnail yang muncul adalah gambar tajuk postingan kita, itu merupakan identitas postingan kita. Jika tidak memasang gambar tajuk maka yang muncul hanyalah link berupa tulisan.

5. Dan lain - lain

Yang dimaksud lain - lain disini adalah seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi fungsi dari gambar tajuk akan berubah mengikuti dengan zaman.

Lalu bagaimana cara menambahkan gambar tajuk di postingan kita di Kompasiana?

1. Masuk ke Dashboard Kompasiana kita

2. Pilih Mulai Menulis

3. Pilih Kategori Post

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN