Mohon tunggu...
Nur AuliaFitria
Nur AuliaFitria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Pendidikan Indonesia

KKNT UPI MDBPE-MBKM 2021

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pemanfaatan Media Digital dalam Kegiatan Belajar dari Rumah sebagai Salah Satu Langkah Mendukung Konsep Smart City Kota Bekasi

29 Juli 2021   23:13 Diperbarui: 1 Agustus 2021   20:40 101 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemanfaatan Media Digital dalam Kegiatan Belajar dari Rumah sebagai Salah Satu Langkah Mendukung Konsep Smart City Kota Bekasi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Corona Virus Disease atau yang biasa kita sebut dengan Covid-19 saat ini masih menjadi salah satu wabah yang melanda Negara Indonesia terhitung sejak Maret 2020, Virus ini masih belum bisa teratasi di Indonesia. Hal ini memberi dampak pada seluruh aspek kehidupan mulai dari aspek ekonomi, pola hidup, dan bahkan pendidikan. Sebagai salah satu langkah pencegahan penularan Covid-19 pemerintah mewajibkan sekolah untuk melakukan kegiatan belajar secara jarak jauh dari rumah masing-masing atau yang biasa kita kenal dengan (BDR).

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan salah satu program wajib sebagai bentuk pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Pada Masyarakat, maka dari itu pelaksanaan kegiatan KKN di tengah pandemi dengan program utama yakni Membangun Desa Melalui Bidang Ekonomi dan  Pendidikan (KKNT-UPI MDBPE-MBKM) diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar dalam pemberian penguatan serta pendampingan di bidang masing-masing baik ekonomi maupun pendidikan.

Salah satu mahasiswi peserta KKNT-UPI MDBPE-MBKM yang melaksanakan kegiatan penguatan serta pendampingan pendidikan di salah satu Sekolah Menengah di Kota Bekasi yaitu SMP Negeri 2 Kota Bekasi. Sekolah ini merupakan salah satu Sekolah Percontohan penerapan Program Smart City Kota Bekasi. Sekolah ini telah memberlakuan pembelajaran dan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah berbasis online dengan memanfaatkan media Zoom meeting serta Google Classroom yang terintegrasi dengan Surel Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam kegiatan KKN Tematik MDBPE-MBKM ini mahasiswa membantu memberikan inovasi baru yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam penguatan materi ketika pembelajaran daring yaitu dengan memperkenalkan Website Doratoon yang dapat digunakan oleh guru sebagai platform pembuat media pembelajaran berbasis video animasi. Hal ini dapat memudahkan guru untuk membuat media pembelajaran secara lebih interaktif dan menyenangkan.

Media kedua adalah SlidesGo, digunakan untuk membuat tampilan power point terlihat lebih menarik, guru dapat membuat tampilan power point secara lebih kreatif dengan penyesuaian tema-tema yang tersedia dalam membuat penguatan materi pembelajaran sehingga siswa yang mempelajarinya merasa senang dan tidak bosan.

Pemberian inovasi website pembuat media pembelajaran ini disambut dengan baik oleh guru-guru di SMPN 2 Kota Bekasi, banyak tanggapan dan harapan baik yang disampaikan para guru seperti beberapa tanggapan dari narasumber “Penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi dengan tampilan yang menarik ini dapat dijadikan salah satu terobosan untuk menggugah rasa semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran secara daring karena tidak monoton” ujar Ibu Ooh Kusniah “Kami juga sangat senang dan antusias apabila mendapat ilmu baru mengenai pembuatan media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran secara daring ini” ujar Ibu Marisa Indriawati

Kegiatan KKN ini memberi kesan dan pelajaran baru bagi mahasiswa bahwa meskipun dalam keadaan pandemi ini kita harus bisa mengkaji dan berinovasi mencari cara baru dalam memberikan materi pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna sehingga dapat membangun suasana belajar yang kondusif.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN