Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Freelancer // Belajar menulis // CP : menurasih@gmail.com

Senang menulis tentang Pertanian, pangan, dan lifestyle. Enjoy the moment!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Membina Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

21 Februari 2023   10:30 Diperbarui: 21 Februari 2023   10:35 361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber ilustrasi komunikasi dengan pelanggan: pexels.com

Memberikan pengalaman komunikasi yang lancar kepada pelanggan akan membantu peningkatan penjualan sehingga tercapai target penjualan produk. 

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi yang dilakukan dalam sebuah bisnis sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dan menimbulkan masalah. 

Proses komunikasi yang baik akan membantu perkembangan bisnis karena terhubungnya pihak internal maupun eksternal yang berdampak positif untuk tercapainya target usaha. 

Pentingnya kemampuan berkomunikasi menjadi sebuah dasar untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Letak pentingnya komunikasi yaitu bisa membangun kepercayaan dan keyakinan pelanggan untuk selalu memakai produk bisnis. 

Komunikasi yang baik juga memberikan keuntungan bagi pebisnis dalam mempromosikan brand usaha ke depannya.

Selain itu, mempermudah hubungan dengan pelanggan dan mempermudah mengetahui apa yang menjadi masalah pelanggan terhadap produk atau jasa kita. 

Seseorang yang bisa menjalin komunikasi dengan baik, dipastikan bisa menjangkau konsumen dan menarik minat konsumen untuk menggunakan produk atau layanan jasa yang ditawarkan. 

Akan tetapi, sebagai seorang pebisnis juga harus bisa memahami cara menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan sehingga bisa mempengaruhi penjualan. 

Berkomunikasi tidak hanya menyampaikan informasi tetapi juga memahami perasaan oelanggan melalui seni komunikasi.

Berikut beberapa cara menjalin hubungan komunikasi dengan pelanggan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun