Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang belajar menulis

Mahasiswi FPP UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Menu Diet yang Tetap Sehat dan Bergizi

4 April 2022   11:23 Diperbarui: 4 April 2022   11:25 107 22 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi menu diet: pexels.com

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh dan berat badan yang ideal? Salah satu kendala dalam memiliki berat badan ideal yaitu Kebiasaan makan sehari-hari yang tidak sehat. Berat badan yang kurang ideal tentu akan mempengaruhi penampilan dan akan lebih berdampak pada kesehatan tubuh kamu. 

Solusi yang dapat kamu lakukan yaitu menjalakan program diet yang segat. Diet sehat berarti kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi esensial yang diperlukan tubuh. Nutrisi ini terdiri dari makronutrien (zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar) seperti karbohidrat, protein, lemak dan mikronutrien (zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit saja) seperti vitamin dan mineral.  

Menu diet sehat juga harus memperhatikan kebutuhan kalori harian kamu selain nilai gizi yang terkandung di makanan tersebut. Bagi kamu yang ingin melakukan diet sehat tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencoba menu makanan yang tidak mahal dan tidak sulit. Berikut salah satu menu diet sehat yang bisa kamu coba untuk menurunkan berat badan :

1. Menu pagi hari. Menu pertama, kamu bisa sarapan dengan dua buah telur yang direbus atau diorak arik dengan sedikit minyak. Kamu bisa menambah dua roti tawar gandum dengan sedikit mentega. Kamu dapat minum satu cangkir susu rendah lemak atau secangkir kopi maupun teh tanpa gula dan susu. 

Menu kedua, kamu dapat makan semangkuk sereal dan susu bebas lemak. Dilanjutkan dengan satu buah pisang dan satu lembar roti tawar dengan sedikit margarin atau selai sesuai selera. Kamu bisa minum jus jeruk sekitar 250 ml dan susu tanpa lemak (120 ml). 

2. Menu siang hari. Menu pertama kamu bisa mencoba dengan semangkuk nasi putih jika tidak suka bisa diganti dengan kentang rebus, satu potong dada ayam yang dipanggang atau diumis, ditambah satu mangkuk salad. Menu kedua, kamu bisa mengkonsumsi roti isi yang terdiri dari daging dada ayam, tumis jamur, selada, saus mustard dan kentang rebus (200 gram). 

3. Menu malam hari. Saat malam hari kamu bisa mencoba semangkuk nasi merah, satu ikan, brokoli yang ditumis atau dikukus, satu mangkok salad (bayam, tomat, bawang bombay). Menu makan malam kedua, kamu bisa pilih menu capcay tahu dengan sayuran dan semangkuk nasi merah. Untuk minumnya kamu bisa dengan satu cangkir es teh lemon (250 ml). 

4. Camilan. Dalam menjalankan diet kamu tentu sangat boleh untuk makan camilan. Camilan ini bisa terdiri dari 250 gram yoghurt rendah lemak dengan buah-buahan yang dicampur dengan minyak zaitun.

Kamu harus mengkonsumsi air putih selama menjalankan program diet sehat. Konsumsi rutin air putih sebanyak 2 liter (sekitar 8 gelas) untuk membantu melancarkan pencernaan dan membantu membakar sekitar 100 kalori setiap hari. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan