Mohon tunggu...
Nuraini
Nuraini Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa inggris di SMAN 3 kota Jambi

saya merupakan seorang guru bahasa inggris di salah satu SMA Negeri dikota jambi. saya memiliki hobi membaca, khususnya mengenai pendidikan dan mengenai tumbuh kembang anak.semoga saya dapat membagikan hal yang bermanfaat bagi orang lain melalui tulisan saya.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak

10 November 2022   09:22 Diperbarui: 10 November 2022   09:39 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Budaya dan minat membaca dapat ditanamkan sedini mungkin bahkan sejak bayi pun anak bisa diajak untuk membaca buku, misalkan dengan memperkenalkan gambar-gambar lucu terlebih dahulu dan membacakan buku kepada anak dengan menggunakan ekspresi dan suara yang jelas. mungkin sebagian dari bunda-bunda diluar sana memiliki pertanyaan seperti ini " yah gimana ya udah terlanjur gede nih, dari kecil tidak pernah baca buku nanti udah beli buku malah tidak suka lagi " ataupun ada juga yang berkata " yahhhh anakku sudah kecanduan handphone kalah nanti bukunya".

Nah,pemikiran seperti itu yang harus dibuangjauh-jauh ya bund. Lebih baik terlambat dari pada tidak memulai sama sekali, setuju tidak?? Bagaimana ya caranya anak agar suka baca buku?. Berikut beberapa tips untuk menumbuhkan minat baca anak yang dapat diterapkan oleh bunda-bunda untuk anaknya dirumah:

  • Banyakin buku dirumah
    karena tujuan kita untuk menumbuhkan minat baca anak, yuk perbanyak buku, koran atau komik dirumah agar anak terbiasa untuk mengenal buku bukan hanya mengenal mainannya saja.

  • Luangkan waktu setiap hari
    Jadikan aktivitas membaca seakan kebiasaan untuk anak,iya!!berulang dan setiap hari. gaboleh bolong-bolong kaya puasa ya..
    karena hal baik yang berulang-ulang akan menjadi kebiasaan baik untuk anak.

  • Ajak anak beli buku
    Beli mobil-mobilan? beli bonekaa? sudah biasaa.. yang luar biasa itu beli buku anak, jangan lupa pas beli buku anaknya diajak juga ya bund. Mengajarkan ke anak kalau hasil tabungannya lebih baik dibelanjakan untuk hal yang lebih berharga, membeli buku merupakan sebuah investasi ilmu untuk anak.

  • Keseriusan orang tua
    keseriusan dan keteguhan kita sebagai orang tua untuk menjadikan anak punya minat baca juga sangat penting, karena  orang tua adalah jembatan pertama bagi anak untuk mengenai kebiasaan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun