Mohon tunggu...
Nuraiga Faristia
Nuraiga Faristia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Nasional

Saya adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Nasional Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu politik.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kemeriahan Festival Palang Pintu HUT DKI Jakarta ke-495 di GOR Mampang 2022

2 Juli 2022   21:02 Diperbarui: 2 Juli 2022   21:03 53 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sabtu, 25 Juni 2022, 09.00 WIB

Nuraiga Faristia  


KERAMAIAN di sepanjang Jalan Pondok Jaya VI, No.06. Jakarta Selatan Terlihat berbeda pada hari biasanya, Sabtu (25/6). GOR Mampang terkenal dengan keramaian dari kendaraan yang melintas namun kali ini GOR mampang dipenuhi berbagai macam kebudayaan, mulai dari tari tradisional hingga makanan tradisional khas Jakarta.  Festival Palang Pintu kembali di gelar di kawasan GOR Mampang.

Ketua panitia Festival Palang Pintu Edi Mulyadi mengatakan festival ini tercetus dari keprihatinan dirinya dan pegiat budaya terhadap masyarakat Jakarta, terutama di wilayah Mampang. Sebab, menurut Edi, peradaban perlahan mengubah kultur masyarakat Betawi di Mampang.

"Akhirnya kami membuat sanggar namanya Padepokan Manggar Kelapa, Kami ingin memperkenalkan budaya yang belum dikenal masyarakat, yaitu Palang Pintu," kata Edi di Festival Palang Pintu, Mampang , Jakarta, Sabtu (25/6).

dokpri
dokpri

Sepanjang jalan Pondok Jaya VI, No.06. Jakarta Selatan di penuhi oleh penjual mulai dari pakaian, hingga makanan tradisional khas Jakarta tersedia di sana. Sorak gemuruh dan tepukan tangan para pengunjung terdengar di area Panggung, dimana sedang diadakan lomba tari nusantara. Berbagai macam tari nusantara dipertunjukkan di sana mulai dari tari lenggang nyai hingga tari ronggeng bugis.

"Tariannya bagus-bagus, ada beberapa yang baru tahu kalau indonesia punya tarian yang seperti itu, ternyata tarian indonesia bermacam-macam," jelas delia saat dimintai keterangan.

Salah satu pengunjung yang datang ke Festival Palang Pintu  GOR Mampang, Rosiana Febrianti, 28, mengatakan dirinya senang festival ini kembali diadakan. Rosiana yang tinggal di wilayah mampang mengatakan, dirinya datang setiap tahun ke festival ini.

"Saya asli betawi, suka nonton adat-adat betawi juga. adanya acara ini saya dapat hiburan, ketemu temen-temen lamajuga disini," kata rosiana yang datang bersama keluarga.

dokpri
dokpri

Dapat diketahui, Festival Palang Pintu akan digelar selama dua hari mulai dari 25-26 Juni 2022. Akan ada berbagai macam pertunjukkan di sana, mulai dari musik dan tari tradisional hingga pertujukkan musik dari artis ibu kota.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan