Mohon tunggu...
Nur Laila Sofiatun
Nur Laila Sofiatun Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis

Perempuan yang ingin bermanfaat bagi keluarga, agama, bangsa dan negara

Selanjutnya

Tutup

Financial

Pengalaman Menabung di Bank Konvensional, Banyak Potongan

19 September 2022   16:27 Diperbarui: 20 September 2022   11:49 2797
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi tabungan syariah (sumber: artikel-indonesia.com)

Beberapa waktu yang lalu, saat saya ada keperluan di Semarang sedangkan orangtua membutuhkan uang segera, mereka meminta saya untuk mentransferkan uang ke rekening kakak ipar. Saat itu saya mengirimkan uang sekitar Rp. 300.000,- ke rekening kakak ipar saya.

Betapa kagetnya kakak ipar saya saat mengambil uang di mesin ATM. Saat memasukkan angka Rp. 300.000,- mesin mengeluarkan tulisan:

Maaf saldo anda tidak cukup.

Kakak ipar saya panik, dan kemudian mengecek saldo di rekeningnya. Dan ternyata saldonya di bawah 300.000. 

Kakak ipar saya pun segera mengonfirmasi lagi kepada saya, apakah benar saya mentransfer sebesar 300.000. segera saya cek kembali bukti transfer sebelumnya, disitu tertera bahwa uang yang saya transfer adalah 300.000.

Usut punya usut, rekening Kakak saya kena potongan langsung dari bank. Dimungkinkan karena administrasi bulanannya belum dibayarkan sebelnya karena saldo sebelumnya tidak cukup. 

Akan tetapi jika dihitung potongan itu cukup banyak, sekitar 60an ribu rupiah. Jumlah yang banyak dibandingkan dengan potongan yang harusnya diberikan untuk jenis tabungan tersebut.

Kerugian Menabung di Bank Konvensional

Sebenarnya saya tidak heran, karena saya sudah mengalaminya sebelumnya. Ketika dulu saya menggunakan bank konvensional untuk menyimpan uang dan bertransaksi di dalamnya banyak sekali potongan yang diberikan. Potongan-potongan tersebut antara lain:

1. Potongan administrasi tiap bulan.

Potongan ini yang paling banyak jika dibandingkan dengan potongan lainnya. Jumlah potongan tergantung produk tabungan yang dimiliki.

2. Potongan administrasi m-banking

Dulu saya kira tidak ada potongan semacam ini, akan tetapi ternyata potongan ini ada.

3. Potongan pemberitahuan lewat SMS. 

Potongan ini sebenarnya cukup kecil. Hanya sekitar 500 rupiah tiap SMS. Akan tetapi, bagi saya yang mempunyai usaha jual beli online yang sering melakukan transaksi, jumlahnya cukup lumayan.

4. Potongan pengecekan saldo

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun