Mohon tunggu...
Nur Laila Sofiatun
Nur Laila Sofiatun Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis

Perempuan yang ingin bermanfaat bagi keluarga, agama, bangsa dan negara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Apakah Metafakta Sama dengan Metafisika?

10 Juli 2022   12:28 Diperbarui: 10 Juli 2022   13:48 3480
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkapan layar dari cerita tersimpan akun @metafaktaoxytron

Akhir-akhir ini dunia maya dihebohkan dengan kata Metafakta. Metafakta diklaim oleh M. Subchi Azal Tsani (MSAT-tersangka kasus pencabulan santri di Jombang) sebagai ilmu yang bisa memiliki efek penyembuhan. 

Kata tersebut terdengar asing bagi saya. Bahkan bisa dibilang, saya baru pertama kali mendengar saat korban mengucapkannya di video kesaksiannya. Saat itu, saya berpikir "mungkin Mbanya salah denger po, kayaknya yang dimaksud metafisika paling". 

Tapi sampai akhir video tersebut korban tetap mengatakan Metafakta, dan akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa memang benar berarti yang dimaksud adalah Metafakta. Kemudian saya jadi semakin penasaran dengan kata tersebut.

Definisi Metafakta 

Untuk mengobati rasa penasaran saya, saya segera berselancar di google untuk menemukan definisi Metafakta yang dimaksud. Akan tetapi tidak ada satupun website ataupun tulisan ilmiah yang menyebutkannya. 

Saya hanya mendapatkan definisi Metafakta ada di website berita yang kurang terpercaya. Dan setelah saya baca, isinya belum memberikan jawaban yang saya inginkan. Pun jika terdapat di website berita terpercaya, disana hanya disebutkan kata Metafakta dan tidak berisi penjelasan tentang apa itu Metafakta.

Saya terus mencari definisi Metafakta, bahkan hingga di Youtube. Tidak jauh berbeda dengan di google, di YouTube pun saya tidak menemukan definisi Metafakta seperti yang saya harapkan.

Hingga akhirnya saya menemukan definisi Metafakta di akun ig Musik Metafakta Oxytron dengan akun @metafaktaoxytron. Di cerita tersimpan akun tersebut dengan judul FAQ MMO dijelaskan tentang apa itu Metafakta.

Dari cerita tersimpan tersebut diketahui bahwa Metafakta didefinisikan sebagai daya berkat Alloh yang dijabarkan secara ilmiah. Setelah membaca definisi ini saya sedikit kaget, karena definisi ini jauh berbeda dengan apa yang saya bayangkan. Saya kira definisi Metafakta akan tidak jauh berbeda dengan Metafisika.

Lalu apa definisi Metafisika? 

Definisi Metafisika

Berbeda dengan kata Metafakta, kata Metafisika sudah cukup sering saya dengar ketika kuliah. Karena kebetulan saya kuliah di jurusan Fisika. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun