Mohon tunggu...
nur veramasari
nur veramasari Mohon Tunggu... Mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Strategi dan Teknik Bimbingan Belajar

5 Desember 2020   21:35 Diperbarui: 5 Desember 2020   21:36 65 0 0 Mohon Tunggu...

  • PENDAHULUAN

                 Guru mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi peserta didik. Guru  juga memberikan bimbingan belajar agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat sesuai dengan apa yang diharapkan. Bimbingan belajar adalah suatu proses pemberian bantuan kepada siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah belajar yang dihadapi peserta didik, sehingga tujuan dari belajar akan tercapai imbingan belajar adalah suatu kegiatan bantuan belajar yang bertujuan agar peserta didik mendapat mencapai hasil belajar secara optimal.

              Prayitno dan Amti mengemukakan masalah belajar adalah "bersikap dan kebiasaan buruk dalam belajar, seperti suka menunda-nunda tugas, mengulur-ulur waktu, membenci guru, tidak mau bertanya untuk hal-hal yang tidak diketahuinya, dan sebagainya" (Prayitno dkk, 2004).

                        Tim Jurusan Psikologi Pendidikan (Mulyadi, 2010:107) megatakann bahwa bimbingan  belajar merupakan proses pemberian bantuan kepada peserta didik dalam memecahkan kesulitan-kesulitan yang berhubungan dengan masalah belajar.

                Faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajarumumnya dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

  • Faktor internal adalah yang berhubungan dengan segala sesuatu yang ada pada diri siswa yang menunjang pembelajaran, seperti inteligensi, bakat, kemampuan motorik dan panca indra.
  • Faktor eksternal adalah yang berhubungan dengan segala sesuatu yang berasal dari luar diri siswa yang mengkondisikannya dalam pembelajaran, seperti pengalaman, lingkungan sosial, metode belajarmengajar, strategi belajar- mengajar,dan fasilitas belajar- mengajar serta tenaga pengajar.

            Maka dari itu perlu diadakannya bimbingan belajar baik kepada siswa yang mempunyai masalah ataupun tidak agar mencegah masalah kesulitan dalam belajar. Dan perlu adanya teknik-teknik tertentu untuk mengatasi hal tersebut.

                                                                                                                    

  • PEMBAHASAN

Kehadiran bimbingan belajar di sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam rangka membantu peserta didik agar mampu melakukan penyesuaian diri dengan tuntutan akademis, sosial, dunia kerja, dan tuntutan psikologis sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Pelayanan bimbingan belajar di sekolah akan berjalan secara terpadu dengan program pengajaran. Oleh karena itu kegiatan bimbingan belajar terkait erat dengan tugas dan peranan guru. Masalah-masalah belajar seringkali membawa ketimpangan sosio-psikologis pada diri siswa bahkan mungkin lebih jauh dari itu. Bimbingan belajar berupaya untuk mengeliminasi sejauh mungkin akses tersebut terhadap proses belajar sekaligus membantu siswa agar mampu melakukan penyesuaian diri dengan dirinya sendiri dan dengan lingkungannya. Dalam penyelenggaraan bimbingan belajar dipandang penting untuk melakukan kerjasama dengan lembaga, pekerja social para instruktur, dokter dan sebagainya dalam rangka penanganan persoalan siswa.

  • Tujuan Layanan Bimbingan Belajar :

Tujuan Layanan Bimbingan Belajar Tohirin (2007: 131) menjelaskan bahwa tujuan bimbingan belajar adalah sebagai berikut: Secara umum tujuan layanan bimbingan belajar adalah membantu siswa agar mencapai perkembangan yang optimal, sehingga tidak menghambat perkembangan siswa. Siswa yang perkembangannya terhambat atau terganggu akan berpengaruh terhadap perkembangan atau kemampuan belajarnya. Selain tujuan umum tersebut, secara khusus dapat diketahui bahwa bimbingan belajar bertujuan agar siswa mampu menghadapi dan memecahkan masalah-masalah belajar, serta siswa dapat mandiri dalam belajar.

Menurut Oemar Hamalik (1990: 195) layanan bimbingan belajar merupakan suatu proses yang bertujuan sebagai berikut:

 a. Agar siswa bertanggung jawab menilai kemampuannya sendiri dan menggunakan pengetahuan mereka secara efektif bagi dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
VIDEO PILIHAN