Mohon tunggu...
Nur Asfiyah
Nur Asfiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ibu Rumah Tangga

Saya seorang Istri yang akan selalu menemanimu disaat susah dan senang. love u more my husband

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Gembong Desa Wisata

22 September 2022   13:01 Diperbarui: 22 September 2022   13:06 36 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Assalamu'alaikum teman-teman semua..

Kali ini saya akan mengajak kalian semua untuk mampir sebentar di desa kelahiran saya yaitu Gembong. Disini saya akan mengajak kalian semua untuk menjelajahi wisata desa Gembong juga beragam oleh-olehnya makanan khasnya.

Gembong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah dan satu-satunya kecamatan yang mempunyai dua waduk sekaligus, yaitu waduk Gunung Rowo dan Waduk Seloromo. 

Secara geografis, Kecamatan Gembong terletak di lereng sebelah timur gunung muria, dari Kota Pati berjarak sekitar 14 km ke arah barat laut. Wilayahnya mempunyai luas 6.730 ha yang sebagian besar berupa hutan dan perkebunan. 

Sebagai daerah yang berada di ketinggian berkisar antara 90-700 meter dpl kecamatan Gembong memiliki tanah berjenis Latosol(tanah latosol merupakan jenis tanah tua, yang terbentuk dari batu api yang mengalami proses pelapukan lebih lanjut. Tanah ini memiliki ciri bersifat asam, kandungan bahan organiknya rendah hingga sedang, memiliki warna merah hingga kuning, dan memiliki tekstur lempung).

Selain mempunyai dua waduk, kecamatan Gembong juga mempunyai kebun kopi yang sangat luas dan terletak di desa Jolong. Gembong juga menjadi penghasil centra jeruk pamelo yang bercentral di Desa Bageng kira kira 1,5 km dari pusat kota gembong. Gembong juga merupakan daerah penghasil home industri antara lain tape dari ketela yang terkenal manis. Gembong juga mempunyai beberapa tempat wisata diantaranya,

1. Waduk Seloromo

Waduk Seloromo yang terletak terletak dikaki gunung muria ini sempat digadang-gadang sebagai new zealandnya kota pati karena keindahannya dimusim kemarau kan terlihat rerumputan hijau membentang di waduk seloromo. 

Suasana waduk ini sangat sejuk dan menyegarkan mata sehingga kamu tidak akan bosan berlama-lama di tempat ini, menjelang sore pemandangan matahari terbenam akan memanjakan mata bagi sang pengunjung. Jangan takut kelaparan kalo sedang disini karena di setiap sudut pasti ada bayak sekali pedagang.

2. Waduk Gunung Rowo

Nah...disinilah saya tinggal, tepatnya didesa Sitiluhur, pemandangan disini tidak jauh beda dengan Waduk Seloromo ya man teman,,dan ada yang khas disini yaitu ikan bakar, kalian akan menjumpai warung-warung yang menjual ikan bakar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan