Mohon tunggu...
Nur halizah
Nur halizah Mohon Tunggu... Guru - ada

sangat ada

Selanjutnya

Tutup

Nature

Perkembangan Remaja

31 Oktober 2019   16:07 Diperbarui: 31 Oktober 2019   16:09 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Perkembangan ( development )merupakan suatu proses yang pasti dialami oleh setiap individu,perkembangan ini adalah proses yang bersifat kualitatif dan berhubungan dengan kematangan seorang individu yang ditinjau dari perubahan yang bersifat progresif serta sistematis di dalam diri manusia.

Adapun perkembangan remaja yaitu:

  • Perkembangan fisik
  • Pada masa remaja awal ( usia SLTP ) anak-anak ini Nampak fostur tubuh yang tinggi tetapi kurus,lengan kaki dan leher mereka panjang,kemudian berat badan mereka mengikuti dan pada akhir remaja,proporsi tingggi dan berat badan mereka seimbang.pada usia 11-12 tahun tinggi badan anak laki-laki dan anak wanita tidak jauh berbeda,pada usia 12-13 tahun pertambahan tinggi badan anak lebih wanita lebih cepat dibandingkan anak laki-laki,tetapi pada usia 14-15 tahun anak laki-laki akan mengejarnya,sehinggah pada usia 18-19 tahun tinggi  badan anak laki-laki jauh dari anak wanita,lebih tinggi sekitar 7-10 cm. hal ini disebabkan karena besarnya pengaruh komposisi dan gizi makanan.

Faktor-faktor yang mempengauhi perkembangan fisik

  • Faktor internal
  • Sifat jasmaniah yang diwariskan dari orang tua
  • Kematangan
  • Kondisi individu
  • Kemampuan penyesuaian pribadi dan sosial individu
  • Genetic
  • Pengaruh hormone
  • Faktor eksternal
  • Kesehatan
  • Makanan
  • Stimulasi lingkungan
  • Budaya
  • Media masa
  • Faktor teman sebaya
  • Pendidikan
  • Status sosial ekonomi keluarga

  • Perkembangan intelektual
  • Jean piget ( Bybee and Sun,1982 ) membagi perkembangan intelektual menjadi empat yaitu:
  • Tahap sensori-motoris ( 0-2 tahun )
  • Pada tahap ini interaksi anak dengan lingkungannya, termasuk orangtuanya,terutama dilakukan melalui perasaan dan otot-ototnya.
  • Tahap praoperasional ( 2-7 tahun )
  • Pada tahap ini anak mampu menyimpan kata-kata serta menggunakannya,teruta yang berhubungan erat dengan kebutuhan mereka.
  • Tahap operasioan konkret ( 7-11 tahun )
  • Pada tahap ini ,anak mulai menyesuaikan diri dengan realitas konkret dan sudah mulai berkembang rasa ingin tahunya.
  • Tahap operasional formal ( 11 tahun ke atas )
  • Pada masa ini anak telah mampu mewujudkan suatu keseluruhan dalam pekerjaannya yang merupakan hasil dari berfikir logis.
  • Perkembangan emosi
  • Emosi adalah kegiatan atau pergolakan pikiran,perasaan,nafsu setiap keadaan mental yang hebat yang meluap-luap.

  • Bentuk-bentuk emosi:
  • Amarah
  • Kesedihan
  • Kenikmatan
  • Cinta
  • Terkejut
  • Jengkel
  • Rasa takut
  • Malu

        Hubungan antra emosi dan tingkah laku

  • Respon yang cepat tetapi ceroboh
  • Mendahulukan perasaan kemudia pikiran
  • Memperlakukan realitas sebagai realitas simbolik
  • Masa lampau diposisikan sebagai masa sekarang
  • Realitas yang ditentukan oleh keadaan

      Ciri-ciri perkembangan emosi remaja

  • Perubahan jasmani
  • Perubahan jasmani ditunjukkan dengan adanya perubahan yang sangat cepat dari anggota tubuh.
  • Perubahan pola interaksi dengan orang tua
  • Pola asuh orang tua terhadap anak remaja sangat bervariasi,ada yang polanya menurut apa yang terbaik oleh dirinya sendiri saja sehinggah ada otoriter,memnjakan anak,acuh tak acuh,tetapi ada juga yang penuh dengan cinta kasih.
  • Perubahan interaksi dengan teman sebaya
  • Masalah emosi pada masa ini yaitu hubungan cinta dengan teman lawan jenis.
  • Faktor pandangan luar
  • Ada sejumlah faktor perubahan pandangan luar yaitu:
  • Sikap dunia luar terhada remaja sering tidak konsisten
  • Dunia luar atau masyarakat masih menerapkan nilai-nilai yang berbeda untuk remaja laki-laki dan perempuan.
  • Seringkali kekosongan remaja dimanfaatkan oleh pihak luar yang tidak bertanggung jawab.
  • Perusahaan interaksi dengan sekolah
  • Sekolah merupakan tempat pendidikan yang idealkan oleh mereka.
  • Kematangan emosi
  • Remaja tidak lagi mengungkapkan amarahnya dengan meledak-ledak mlainkan dengan menggerutu,tidak mau bicara atau dengan suara keras mengkritik orang-orang dengan penuh amarah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun