Mohon tunggu...
Nur Pahdilah
Nur Pahdilah Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa FISIP UHAMKA

Terus belajar dan menjadikan ilmu sebagai penuntun masa depan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Efek dari Komunikasi Massa Terkait Berita Covid-19

1 Februari 2021   17:12 Diperbarui: 1 Februari 2021   18:12 538 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

   Komunikasi merupakan sebuah pesan percakapan yang sering terjadi dimasyarakat. Komunikasi massa adalah proses penyampaian pesan yang dapat dengan mudah tersebar luas melalui suatu media. Media digital yang semakin berkembang pesat, seperti smartphone serta televisi, memudahkan kita dalam menerima pesan informasi melalui berbagai sumber.  

   Di situasi pandemi saat ini, semua orang diharuskan berdiam diri dirumah untuk menjaga kesehatan. Virus covid-19 masih terus merenggut korban jiwa. Kecemasan selalu menghantui seseorang setiap harinya, banyak berita tentang covid-19 yang menimbulkan keresahan bagi semua orang. Semua diwajibkan memakai masker saat berpergian keluar rumah, serta tidak henti-hentinya berbagai informasi ditampilkan melalui televisi maupun pada internet. Berita mengenai covid dan cara mencegah agar tidak terkena virus, yaitu dengan kita menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Virus covid-19 ini menimbulkan ramainya berita terkait berbagai informasinya.

   Apabila dikaitan dengan komunikasi media massa, terbagi menjadi 3 efek, yaitu efek afektif, efek behavioral dan efek kognitif. Seperti pada informasi covid-19, dari sudut pandang pengertian efek afektik merupakan sikap individu yang turut dapat merasakan bagaimana diposisi perasaan orang lain. Dari pesan berita yang ditayangkan mengenai korban, membuat individu serta masyarakat juga dapat merasakan sedih serta duka yang sangat mendalam. 

   Pada efek behavioral yang dihasilkan, menyebabkan perubahan sikap dalam diri seseorang akibat wabah virus, menjadikan masyarakat lebih perduli dengan menerapkan kehidupan yang sehat untuk tubuh dan kebersihan lingkungan. Serta efek terakhir pada kognitif yang diciptakan yaitu dari informasi mengenai covid, masyarakat menjadi mengerti, hal apa yang harus dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar tidak tertular virus.

   Dalam ketiga efek komunikasi massa adalah bertujuan untuk belajar, menambah wawasan dalam informasi terkait covid-19 dan meningkatkan pentingnya kesadaran bagi khalayak. Dari banyak berita tentang virus covid-19 berdampak pada keresahan dalam diri seseorang. Masyarakat juga membutuhkan solusi yang efektif selama pandemi, tontonan sebagai hiburan untuk berpaling sejenak mengenai berita covid-19 yang membuat banyak masyarakat frustasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan