Pandemi covid-19 sudah berlangsung selama hampir 3 tahun di seluruh dunia termasuk indonesia, selama pandemi covid ini kegiatan pendidikan di indonesia bisa di katakan lumpuh karena terjadinya pembatasan pada aktivitas masyarakat selama pandemi covid-19, sehingga sekolah di seluruh daerah indonesia di liburkan hinga 2 tahun lamanya.Â
Dengan hal itu maka pendidikan di indonesia mengalami kemunduran yang cukup signifikan. Dampak yang diakibatkan pandemi covid-19 ini dalam pendidikan yaitu pembelajaraan siswa di sekolah dasar di lakukan dengan cara daring/online sehingga pembelajaran siswa bisa dilakukan di rumah siswa masing-masing.Â
Guru di tuntut untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana pembelajaran selama pandemi dengan memanfaatkan berbagai macam aplikasi yang sudah tersedia di media digital yang bisa di gunakan oleh guru ataupun siswa seperti zoom, google met, whatsaap dan youtube.
Dalam proses pembelajaran banyak terjadi hambatan dan permasalahan yang serius terkait kemudahan siswa dalam pembelajaran yang meliputi permasalahan sinyal, kurang pahamnya teknologi dan  banyak siswa yang tidak memiliki handphone, dengan permasalahan itu. maka kemudahan belajar siswa menjadi sulit dan di tambah lagi dengan perbedaan ekonomi pada setiap siswa karena pembelajaran secara daring membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harus mempunyai handphone serta kuota internet.Â
Dalam pembelajaran daring para siswa akan membutuhkan adaptasi pembelajaran yang baru dan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk siswa ber adaptasi agar semua siswa mampu mengikuti dengn baik apa yang telah di sampaikan oleh pengajar.