Mohon tunggu...
Rokhmah Nurhayati S.
Rokhmah Nurhayati S. Mohon Tunggu... Seorang yang sedang belajar menulis

pembelajar sejati

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ini Segudang Manfaat dari Buah Naga

2 Januari 2018   11:23 Diperbarui: 3 Januari 2018   13:09 1056 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Segudang Manfaat dari Buah Naga
ilustrasi buah naga (doc: halosehat.com)

Rasanya saya baru saja kenal buah naga ini. Boleh dibilang belum lamalah. Entah kenapa saya tidak mengenal atau melihatnya sejak saya masih kecil. Saya yakin orang tua saya akan senang sekali melihat dan membeli buah naga ini. Apa pasal? kami di rumah hampir tiap hari makan buah-buahan, baik itu panen dari pohonnya sendiri maupun beli di pasar atau tukang sayur. Apalagi pekarangan di rumah kami penuh dengan berbagai jenis buah-buahan. Ada pohon pisang, mangga golek, jambu biji, jambu bol, duwet, jambu air dan pohon kelapa genjah.  Jadi praktis kami memang dikondisikan untuk makan buah-buahan.

Lucunya kami tidak pernah melihat buah naga yang eksotik ini. Bentuk dan warnanya benar-benar menarik sekali bagi saya. Apalagi saya suka dengan buah dan sayuran berwarna. Makanya saya kaget kenapa saya tidak mengenalnya dari dulu. Sekarang ini kalau musim buah naga, saya tidak pernah absen untuk membelinya. Kesukaan saya memang yang warna ungu atau pink dibanding buah naga yang berwarna putih. Naga putih harganya relatif mahal, karena seringnya import dari China atau Vietnam. Padahal nilai gizi nya lebih banyak yang pink/ungu. Jadi untuk apa saya memilih yang putih? Yang jelas berat diongkos.

Kesukaan kami makan buah naga dengan dimakan secara langsung atau dibuat sup buah. Dicampur dengan alpokat dan susu UHT, wow! segernya. Sehat lagi. Pokoknya tiada hari tanpa buah. Apa saja yang sedang musim seringnya sebagai buah utama di rumah. Hal ini karena pertimbangan harga tentunya. Yang penting kami bisa makan buah dan sayuran sehingga bergizi seimbang. 

Mengutip dari laman klikdokter, berikut berbagai manfaat buah naga bagi tubuh yang mengonsumsinya:

  • Buah naga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Buah naga mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin C dalam buah naga ini dapat berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, serta menangkal radikal bebas. Kekebalan tubuh yang baik tentu akan membuat orang yang mengonsumsi buah naga ini terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Tak hanya vitamin C, buah naga juga mengandung beberapa vitamin lainnya, seperti vitamin B1, B2 dan B3 yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, menjaga kadar kolesterol, tekanan darah dan fungsi tiroid.

  • Buah naga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pencernaan

Selain kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, buah naga juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk pencernaan. Serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan, merangsang gerakan peristaltik usus. Hal ini sangat bagus untuk mereka  yang mengalami susah Buang Air Besar (BAB).

  • Buah naga merupakan sumber antioksidan

Buah naga merupakan sumber antioksidan alami. Karoten yang terkandung di dalam buah naga memiliki fungsi sebagai anti karsinogenik untuk mencegah terjadinya kanker.

Tak hanya itu, dengan mengonsumsi buah naga, kandungan antioksidan di dalam tubuh juga akan bertambah sehingga semakin optimal dalam menangkal radikal bebas.

  • Buah naga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan protein.  Protein merupakan salah satu nutrisi esensial yang diperlukan oleh tubuh. Protein bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah, sayuran dan daging yang kemudian dimetabolisme oleh tubuh untuk mempercepat perbaikan sel, mempercepat metabolisme, dan meningkatkan massa otot.

Tidak hanya itu, protein juga bermanfaat untuk kesehatan gigi, rambut, tulang, pembuluh darah, dan jaringan tubuh.

  • Antibakteri dan antijamur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x