Mohon tunggu...
Rokhmah Nurhayati S.
Rokhmah Nurhayati S. Mohon Tunggu... Seorang Ekonom yang mencintai dunia pasar modal, digital dan UKM

Ekonom, Pengamat Sosial, Ekonomi dan Pasar modal; Wirausahawati; Blogger, Traveler, Food lover, Cat Lover;

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pentingnya Memilih Asuransi yang Benar

6 September 2017   14:00 Diperbarui: 6 September 2017   14:05 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pentingnya Memilih Asuransi yang Benar
Presiden Direktur Equity Life Indonesia sedang memberikan pemaparannya (doc: Equity Life)

Ada bermacam risiko melingkupi kehidupan kita setiap saat. Baik itu risiko kesehatan, risiko kecelakaan, risiko kehilangan harta benda, dan lain sebagainya. Bahkan bisa dibilang selalu ada, sehingga  kita sulit untuk menghilangkan sepenuhnya risiko-risiko itu dalam kehidupan kita.

Namun tidak berarti berbagai risiko tersebut tidak bisa kita kelola. Untuk itu keberadaan produk asuransi sebagai skema pengalihan risiko yang ada ke pihak ketiga yaitu perusahaan asuransi bisa dimanfaatkan. Tujuannya adalah ketika terjadi risiko, kerugian finansial bisa diminimalkan.

Itu sebabnya salah satu langkah penting dalam pengelolaan keuangan adalah  dengan  melengkapi kebutuhan proteksi atau asuransi. Tuhan memang menjaga kita dan keluarga siang dan malam, tapi Tuhan juga memberikan cobaan yang berupa sakit dan musibah. Bahkan didalam agama apapun,  mewajibkan umatnya untuk berusaha. Bahkan tidak ada dalam kehidupan yang semua terus berjalan baik-baik saja.

Apalagi resiko merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dan setiap orang berhak atas perlindungan secara pribadi, keluarga, harta benda, dan juga berhak atas kehidupan yang aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan.

Disinilah lembaga asuransi mempunyai peranan penting dalam mengelola dan pengerahan dana masyarakat. Lembaga asuransi dapat membantu menanggung berbagai resiko yang dapat menimbulkan kerugian. Oleh karena itu kebutuhan akan lembaga asuransi tidak bisa di pungkiri mengingat berbagai macam resiko yang kita hadapi, terutama asuransi jiwa.

Asuransi jiwa adalah perjanjian antara pihak tertanggung dengan pihak penanggung dalam bentuk premi dan pihak tertanggung berhak mendapatkan pembayaran sejumlah uang apabila terjadi suatu peristiwa atau musibah yang dialami oleh pihak tertanggung yang diakibatkan meninggal dunia.

Tentunya untuk mendapatkan proteksi ini, seseorang harus membayar sejumlah biaya atau premi pada perusahaan asuransi. Karena yang kita beli adalah proteksi atas sebuah risiko, maka Waktu yang paling tepat membeli produk asuransi adalah sekarang, di saat risiko belum terjadi sebagai langkah mitigasi. Namun, kita perlu menyesuaikan beban pembayaran premi dengan kemampuan finansial, sehingga kebutuhan asuransi tidak menggerus keseimbangan kantong.

Sayangnya biar sudah cukup banyak produk asuransi beredar di pasar, tidak sedikit orang yang masih kesulitan ketika dihadapkan pada keputusan pembelian asuransi. Oleh karena itu, apabila kita masih belum juga paham apa manfaat dari masing-masing asuransi, mungkin perlu seorang perencana keuangan memberi saran.

Atau bisa juga konsultasi ke Agen Pemasaran dari suatu perusahaan asuransi yang bonafide. Tujuannya agar kita lebih memahami jenis asuransi yang ada di pasar. Salah satu contoh, kita bisa konsultasi ke agen Pemasaran Equity Life, yang merupakan perusahaan asuransi local. Kini usuainya akan mencapai 30 tahun pada tanggal 16 September ini.

Saya beruntung bisa hadir pada acara Konferensi Pers dan Temu Blogger yang diadakan oleh Equity Life, sehingga sedikit lebih mengenalnya. Presiden Direktur Equity Life Indonesia, Samuel Setiawan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ada kebanggaan tersendiri bagi kami menjadi perusahaan lokal di tanah air yang terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan asuransi.

Bahkan kualitas layanan, produk-produk, serta tenaga pemasar yang dimiliki mampu bersaing dengan competitor lainnya. Hal ini terbukti dengan diraihnya 9 penghargaan pada ajang Top Agent Awards 217. Dengan diraihnya penghargaan Top Agent Awards AAJI, Equity Life Indonesia mampu membuktikan bahwa agent pemasaran yang dimiliki adalah yang terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x