Mohon tunggu...
nunu hasan
nunu hasan Mohon Tunggu... Nur Hasanah

Nur Hasanah Ingin menggeluti tulisan dikala senggang berbagi itu bahagia ciptakan senyuman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Lembar Kerja Interaktif di Kala Pendemi

26 November 2020   14:39 Diperbarui: 26 November 2020   14:45 63 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lembar Kerja Interaktif di Kala Pendemi
Tangkapan Layar. (Dok. pribadi)

Sebagai Pendidik di era 4.0 memang kita diharuskan menggunakan berbagai media pembelajaran yang terintegrasi dengan TPACK. Jika kita tidak mengikuti perubahan zaman yang terkesan cepat ini, mungkin kita sebagai Pendidik akan tertinggal dengan peserta didik yang notabene lahir di era digital. Sebelum pandemic Covid-19, perubahan itu pun lambat laun akan terjadi, tetapi tiba-tiba diakhir tahun 2019 pandemi Covid-19 muncul dan meluas hingga ke tanah air. Membuat sebagian besar para Pendidik dan akademisi panic dan harus merubah moda proses pembelajaran yang tadinya LURING menjadi DARING, baik itu dari pendidikan dasar, sampai pendidikan tinggi. Dari situlah perubahan yang sangat cepat terjadi dan mau tidak mau kita sebagai Pendidik harus menyesuaikan, kreatif dan terus Belajar.

Untuk mahasiswa di pendidikan tinggi menjadi tidak masalah dengan adanya DARING, tetapi untuk siswa di pendidikan dasar cukup sulit untuk diaplikasikan. Terlebih jika menggunakan LMS (Learning Management System) yang kurang dikuasai oleh peserta didik.

Di negara kepulauan seperti negeri kita ini, untuk akses internet dan listrik yang merata memang belum terjadi, masih banyak di pulau luar Jawa yang listriknya masih dijatah. Cukup sulit rasanya untuk DARING secara sinkron dengan peserta didik. Maka dari itu, banyak Pendidik yang mengajar secara Asinkronis, entah itu via pemberian tugas secara langsung (jemput/antar tugas) ataupun via messenger (WhatsApp) yang pengerjaannya bisa secara Asinkronis (kapanpun).

Kali ini saya akan memperkenalkan interaktif worksheets yang dapat Bapak/Ibu Pendidik gunakan secara Asinkronis, peserta didik dapat mengerjakannya kapanpun dikala koneksi internet stabil. Worksheets yang saya maksud adalah Liveworksheets.com  . Liveworksheets memungkinkan kita mengubah lembar kerja tradisional yang dapat dicetak (dokumen, pdf, jpg ...) menjadi latihan online interaktif dengan koreksi diri, yang disebut dengan "interactive worksheets".

Peserta didik dapat mengerjakan lembar kerja secara online dan mengirimkan jawaban mereka kepada guru. Ini baik untuk peserta didik (memotivasi) karena dapat langsung melihat score mereka dan tampilan lebih menarik (tergantung kreatifitas Pendidik membuat lembar kerja), untuk pendidik (menghemat waktu) dan untuk lingkungan (menghemat kertas).

Selain itu, liveworksheets memanfaatkan sepenuhnya teknologi baru yang diterapkan pada pendidikan: mungkin termasuk suara, video, latihan seret dan lepas, bergabung dengan panah, pilihan ganda ... dan bahkan latihan berbicara, yang harus dilakukan siswa dengan menggunakan mikrofon .

Bagaimana cara penggunaannya?

Kita dapat menggunakan liveworksheets untuk membuat lembar kerja interaktif kita sendiri atau kita pun dapat menggunakan lembar kerja yang dibagikan oleh Pedidik/guru lain. liveworksheets memiliki koleksi ribuan lembar kerja interaktif yang mencakup banyak bahasa dan mata Pelajaran yang telah banyak Pendidik lainnya bagikan.

Bagaimana cara membuat lembar kerja interaktif kita sendiri?

Sangat mudah. Pada dasarnya, kita harus mengunggah dokumen Anda (doc, pdf, jpg ...) dan itu akan diubah menjadi gambar. Kemudian kita hanya perlu menggambar kotak di lembar kerja dan memasukkan jawaban yang benar.

Ada juga beberapa perintah yang perlu kita pelajari jika kita ingin membuat jenis latihan lain, seperti drag and drop, bergabung dengan panah, latihan berbicara, dll. Liveworksheets pun menyediakan tutorialnya pada halaman tersendiri. Kali ini pun, saya akan sertakan video tutorial singkat yang bisa dilihat melalui tautan INTERACTIVE WORKSHEETS!! Tutorial Liveworksheets PART.1. Selamat mencoba!

VIDEO PILIHAN