Mohon tunggu...
Nuke Maulin
Nuke Maulin Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi, di Universitas Swasta Yogyakarta

Hi, there!

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Membuat Dalgona Coffee hanya 5 Menit!

29 Juni 2020   17:45 Diperbarui: 29 Juni 2020   18:08 46 4 1 Mohon Tunggu...

Memasuki hari ke-105 masa karantina di Indonesia, hal ini membuat banyak tren-tren baru yang muncul di Indonesia. Banyak hal beragam yang menjadi trending topic loh sobat, salah satu tren yang yang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat yaitu membuat dalgona coffee.

Tren ini pertama kali muncul karena banyak yang membuat video pembuatan dalgona di aplikasi TikTok, dan proses pembuatannya yang sulit membuat banyak orang tertantang untuk membuat kopi hits yang satu ini, tidak sedikit loh yang gagal membuat kopi ini karena capek mengaduk adonan kopi menggunakan mixer ataupun whisk. Nah sebelum ke tipsnya, yuk kita intip dulu sejarahnya.

Sebenarnya dari mana sih kopi ini berasal? Ternyata kopi ini telah berasal dari Macau India loh! Di India, kopi ini dikenal dengan sebutan Phenti Hui. Namun, masih banyak juga yang mengaitkan dalgona coffee berasal dari negara Korea Selatan. Karena pada tahun 1980, dalgona menjadi permen yang terkenal di Negeri Gingseng sebelum toko makanan cepat saji ada di Korea Selatan.

Permen ini dibuat lantaran, pada saat itu tentara angkatan darat Amerika Serikat sering memberikan permen kepada anak-anak yang berada di Korea Selatan. Karena hal tersebut, kemudian masyarakat Korea mencoba untuk membuat permen mereka sendiri. 

Permen-permen itu dibuat dengan desain lolipop yang besar dan memiliki bentuk yang beragam seperti bentuk bintang bulan, atau berbentuk hati. Waah gemas sekali ya. Setelah tren dalgona ini mencuat, banyak masyarakat Korea yang merasa kenangan karena memori semasa kecil yang akhirnya timbul kembali.

Sementara itu, dalgona coffee yang berkembang di Macau India dan biasa disebut cappuccino coffee atau phenti hui coffee ini ternyata memiliki bahan yang sama dengan pembuatan dalgona coffee, hanya menggunakan air panas, kopi bubuk, dan gula yang diaduk hingga menjadi foam, namun dikutip dari India Today, Selasa (31/3/2020), perbedaannya yang terletak pada phenti hui coffee ini terdapat pada posisi adonan Dalgonanya, phenti hui coffee menaruh adonan foam di bawah gelas. Kemudian menuang susu diatasnya, lain halnya seperti dalgona coffee, dimana foam justru terletak diatas susu.

Lalu, bagaimana ya cara membuat dalgona dengan waktu hanya 5 menit?, yuk disimak baik-baik ya sobat, dan kalau bisa langsung ambil buku untuk dicatat dan dibuat langsung karena ini enak banget, berikut tips pentingnya!

Pertama-tama kamu harus menyiapkan bahan-bahan untuk membuat dalgona coffee sebagai berikut :

  1. Kopi bubuk, merek apa saja, tetapi disarankan menggunakan Nescafe Classic
  2. Air panas
  3. Gula pasir
  4. Piring
  5. Saringan kecil
  6. Sendok
  7. Gelas
  8. Susu full cream
  9. Es batu, sebagai pelengkap

Cara membuat kopi yang lezat dan anti gagal hanya Dalam waktu 5 menit saja :

  1. Masukkan 2 sendok makan munjung Nescafe classic ke dalam wadah atau piring
  2. Masukkan gula, sebanyak 2 sendok makan ke dalam piring
  3. Tuang 2 sendok air panas ke dalam piring
  4. Aduk adonan tersebut dengan menggunakan saringan kecil, searah dengan jarum jam. usahakan mengaduk adonan dengan cepat serta merata ke seluruh bagian adonan dan pastikan tidak ada bahan yang tidak tercampur secara rata.
  5. Dalam waktu sekitar 2-3 menit kamu akan melihat langsung perubahan warna pada adonan menjadi coklat muda, terus aduk adonan hingga komposisi adonan mulai mengental dan tidak menetes dari saringan (telah menempel lekat pada wadah).
  6. Ketika adonan sudah mengental sepenuhnya, siapkan gelas, lalu masukkan es batu beberapa buah (sesuai selera kamu), kemudian tuangkan susu full cream ke dalam gelas yang berisi es batu, dan langkah terakhir adalah memasukkan adonan dalgona ke atasnya deh!

Bagi kamu yang udah keseringan gagal dan mulai putus asa mengaduk adonan menggunakan whisk atau mixer saat membuat dalgona coffee, bisa banget loh untuk mencoba tips ini, anti gagal deh pokoknya. Karena tips penting sesungguhnya adalah dengan menggunakan saringan kecil dan menggunakan piring yang lebar sehingga adonan mudah teraduk. Anti ribet, anti pegal banget, kamu langsung bisa menikmati kopi hits ini.

Tetapi kalau kamu tidak suka kopi, kamu tetap bisa mengikuti tren ini kok! dengan menggunakan susu coklat bubuk atau matcha, jadi buat kamu yang bukan pecinta kopi tetap bisa mencoba ala-ala foam dalgona dengan menggunakan susu coklat bubuk atau matcha, langkah membuatnya juga sama, kamu hanya perlu mengganti bahan kopi bubuknya saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x