Mohon tunggu...
Nugroho Tri Putra
Nugroho Tri Putra Mohon Tunggu... ASN

Pria kelahiran Kota Bengkulu 13 Agustus 1987. Minat pada bidang jurnalistik dan psikologi. Pria low profile. Di tahun 2008 menyelesaikan studi D III Jurnalistik Universitas Bengkulu (lulusan terbaik). Di tahun 2009 mendapat kesempatan menjadi abdi negara di Kota Bengkulu. Pada akhir tahun 2012 menyelesaikan studi S1 Ilmu Komunikasi Unived. Tahun 2013 mendapatkan kesempatan melanjutkan studi Pascasarjana Ilmu Komunikasi (konsentrasi Public Relations) di Universitas Andalas, Padang, melalui Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Balitbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. Bulan Juni 2015 menyelesaikan studi magisternya dengan masa studi 1 tahun 9 bulan. Selama masa studi tersebut, 23 artikel opininya pernah dimuat di lima surat kabar harian & empat media online. Sempat berkarier sebagai jurnalis tv pada tahun 2008. Bertugas di Humas Setda Kota Bengkulu sejak 2009. Dipercaya sebagai redaktur harian press release di Humas Pemkot Bengkulu (2010 - 2013). Redaktur news pada website resmi Pemkot Bengkulu (2012 - Okt 2013). Setelah masa tugas belajar (S2), dirinya (akhir September 2015) ditugaskan kembali di Humas Pemkot Bengkulu. Selain sebagai Kompasianer di Kompasiana, tulisan artikel opininya pernah dimuat di media online BeritaSatu.com, kontraonline.com, kupasbengkulu.com, metrosiantar.com, lensapost.com, pedomanbengkulu.com dan di Surat Kabar Harian PADANG EKSPRES, Harian BATAM POS, Harian Umum SINGGALANG, Harian Umum HALUAN, Harian RAKYAT BENGKULU, Harian BENGKULU EKSPRESS, dan Harian Radar Bengkulu. Artikel ilmiahnya pernah dimuat di salah satu jurnal IAIN Imam Bonjol, Padang. Dirinya pernah diundang Puslitbang Literasi dan Profesi Balitbang SDM Kementerian Kominfo ke Denpasar, Bali untuk mempresentasikan Karya Tulis Ilmiahnya pada November 2015. Januari 2017 dirinya diberi amanah jabatan sebagai Kepala Seksi Kehumasan dan LIP pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Bengkulu. Tulisan featurenya berjudul Menyambung Napas dengan Berjualan Kipas meraih penghargaan dari Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo sebagai Tulisan Feature Terbaik 3 dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Konten Bagi Jurnalis Media Center Daerah di Bali, 25-27 April 2018 yang diikuti oleh 84 Jurnalis Media Center Daerah. Email: nugroho.triputra@pnsmail.go.id---nugrohotriputra@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Pranata Humas, Menulislah dengan Cinta

13 Agustus 2019   22:00 Diperbarui: 13 Agustus 2019   21:59 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pranata Humas, Menulislah dengan Cinta
foto arsip kegiatan

Bengkulu - Pranata Hubungan Masyarakat (Humas) harus mampu menulis dengan cinta. Hal ini disampaikan Dr. Mohammad Nasih pengajar Program Pasca Sarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia saat memberikan materi dalam Bimtek Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional Pranata Humas di Hotel Santika Bengkulu, Selasa (13/8/2019).

"Pranata Humas harus mampu menulis dengan cinta. Ibarat seseorang yang menulis surat dengan perasaan jatuh cinta, tulisan tersebut harus dituangkan dengan perasaan," kata Mohammad Nasih.

Pranata Humas, kata Mohammad Nasih, harus menjadi orang besar. "Karena dengan menulis, kita menemukan ide, mengkonstruksi gagasan, dan mencerdaskan diri sendiri. Orang besar membicarakan ide ide, orang kecil membicarakan peristiwa peristiwa, sedangkan
orang bodoh membicarakan orang lain," ujarnya.

Ia juga mengharapkan Pranata Humas menulis dengan obyektif. Jangan sampai suka dipuji tentang sesuatu yang tidak dilakukan.

Sementara itu, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Selamatta Sembiring menyampaikan, secara garis besar, tugas Pranata Humas ada dua, menyerap aspirasi publik dan mendiseminasi capaian pemerintah.

"Jadilah Panata Humas yang menjaga keutuhan NKRI. Sesungguhnya kerja Humas tidak boleh dilihat dari tunjangannya, tetapi pekerjaan Humas adalah pekerjaan yang mulia," ujarnya.

foto arsip kegiatan
foto arsip kegiatan
Untuk diketahui, Bimtek Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional Pranata Humas ini diikuti oleh Pranata Humas yang ada di Pemerintah Daerah se-Provinsi Bengkulu, Pranata Humas Kemenag Provinsi Bengkulu, Pranata Humas Kemenag Kota Bandar Lampung, dan Pranata Humas Kemenag Kabupaten Asahan Sumatera Utara. 

Selain Mohammad Nasih, turut menjadi narasumber Managing Editor Viva.co.id Hadi Suprapto, Kasubdit Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Komunikasi Publik Nursodik Gunarjo, Kasi Pemberdayaan Profesi Komunikasi Publik Asriani Sri Wahyuni, Kasi Kinerja Jabatan Fungsional Bidang Komunikasi Publik Santhy Verawati Efrida. Sebelumnya Bimtek ini dibuka oleh Kadis Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu Jaduliwan. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)