Mohon tunggu...
Sam Nugroho
Sam Nugroho Mohon Tunggu... Freelancer - Notulis, typist, penulis konten, blogger

Simple Life Simple Problem

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Hati-hati Penyakit Hati, Waspadai dan Cegah Sejak Dini

3 Agustus 2018   23:55 Diperbarui: 28 September 2018   18:21 1129 5 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hati-hati Penyakit Hati, Waspadai dan Cegah Sejak Dini
Ilustrasi Penyakit Hati (sumber: anfaku.com)

Pernah dong kamu merasakan sakit hati? Mulai dari diputusin pacar, disakitin sama temen sendiri atau malah difitnah bahkan dituduh yang bukan-bukan sama saudara bahkan keluarga terdekat misalnya. Pasti sakiitttt banget deh rasanya? Hehe kok jadi curcol yaa?

Eitts. Tapi tunggu dulu! Berbeda 180 derajat halnya dengan hati atau perasaan, hati yang satu ini tak kalah spesial. Organ Hati atau yang lebih dikenal dengan Liver merupakan organ yang sangat vital bagi keberlangsungan hidup manusia. Tanpa hati, manusia tidak akan bertahan hidup. Jiahh! Tapi memang benar adanya kalau fungsi hati itu sangat penting untuk mendukung aktivitas organ-organ tubuh lainnya. Dengan demikian, apabila hati berhenti berfungsi, maka organ lain juga akan terkena dampaknya.

Organ Hati atau Liver pada Manusia (sumber: mediskus.com)
Organ Hati atau Liver pada Manusia (sumber: mediskus.com)
"Kalau kerjanya saja sudah ngga beres pasti sulit berfungsi secara normal. Sama seperti hati alias bathin kita kalo sudah tak tenang jangankan untuk tersenyum, tidur saja bisa-bisa gelisah apalagi sampai kehilangan nafsu makan (lost appetite)."

Liver

Fungsi hati yang paling utama itu adalah menyaring darah yang berasal dari saluran pencernaan, sebelum membawanya ke bagian tubuh lainnya. Darah dari saluran cerna tersebut membawa zat nutrisi, obat-obatan, atau racun sekalipun.

Tugas hati adalah memilih dan memilah, memroses, menyimpan ataupun mendetoksifikasi sebelum zat-zat dalam darah tersebut disalurkan ke seluruh tubuh. Hati juga berfungsi mengatur kadar kimia paling banyak dalam darah dan mengeluarkan produk yang disebut empedu. Empedu membantu memecah lemak, mempersiapkannya untuk pencernaan dan penyerapan lebih lanjut.

Dokumen Catatan IPA
Dokumen Catatan IPA
Dalam bahasa Latin, secara harfiah penyakit organ Hati atau Hepatitis diartikan sebagai hepar (hati) dan titis (radang). Jadi sederhananya, Hepatitis merupakan peradangan pada organ hati. Ditemukan pertama kali oleh Baruch Samuel Bloomberg yang lahir pada tanggal 28 Juli. Maka itu setiap pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia atau World Hepatitis Day.

Penyakit Hepatitis ini merupakan masalah kesehatan dunia yang serius tak terkecuali di Indonesia. Mirisnya 1 dari 4 pengidap di seluruh dunia meninggal karena kanker atau gagal hati (Liver failure). 

Fakta menyebutkan pula 1 dari 10 penduduk di Indonesia mengidap Hepatitis B. Penyakit ini berpotensi menimbulkan dampak morbiditas (kesakitan) dan mortalitas (jumlah kematian) serta memerlukan perhatian dari berbagai pihak baik dari pemerintah, lembaga non pemerintah/ NGO maupun masyarakat/ LSM.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka memperingati Hari Hepatitis Sedunia yang memasuki tahun ke 9, pada Jum'at (27/7) bertempat di ruang Naranta Ka. Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat di Gedung Dr. Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Kuningan Jaksel kembali menggelar temu netizen dan mengundang secara khusus para Blogger untuk berpartisipasi dalam forum diskusi dan sosialisasi terkait penyakit Hepatitis dan Penanggulangannya. Adapun tema yang diangkat tahun ini sangat menarik yaitu "Deteksi Dini Hepatitis, Selamatkan Generasi Penerus Bangsa!".

Sumber: Kemenkes RI
Sumber: Kemenkes RI
Pada kesempatan tersebut turut mengundang beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya. Hadir di tengah para netizen Ibu dr Wiendra Waworuntu, M. Kes selaku Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  Kemenkes RI serta Bapak Dr. dr. Andri Susityoso Sulaiman, Sp PD-KGEH Sekjen PB PPHI dari Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia serta yang sudah tak asing lagi Mas Anjar selaku moderator kegiatan forum yang dihelat dari pagi hingga siang hari tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan