Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Dosen - Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tips Ibadah Biasa namun Luar Biasa ala Gus Baha

6 Juni 2021   21:18 Diperbarui: 7 Juni 2021   18:19 284 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Ibadah Biasa namun Luar Biasa ala Gus Baha
nu.or.id

Tips mudah beribadah terasa ringan namun nilainya menjadi istimewa mungkin hanya bisa ditemukan di kajiannya Gus Baha. Memang mengikuti kajian Gus Baha itu kadang serasa ringan kadang serasa berat. Namun jika sudah menemukan gaya penyajian maka akan ditemukan benang-benang merah yang berguna dan menginspirasi untuk dilakukan atau dikerjakan.

Seperti yang disampaikan beliau dalam link you tube dan saya coba untuk mensarikan. Bahwa ibadah sesungguhnya tidak harus bagus-bagus amat yang penting niatnya yang benar. Bukan untuk dilihat orang bukan utuk motif-motif duniawi. Namun terlebih untuk tujuan akhirat.  

Menurut Gus Baha, sebagian ulama hanya menjalankan ibadah wajib, tidak dengan sunah qabliyah, sebab khawatir umat manusia yang lain akan merasa berat ketika beribadah..., sedangkan manusia banyak profesi yang secara fisik berat, dan waktunya sangat sempit...

Maka cintailah ibadah dengan sebenarnya, bukan dengan hasrat memburu pahala sementara ada manusia lain yang bisa jadi kecil hati kalau melihat betapa rajin-nya ibadah kamu.


Maka tips atau strategi ibadah yang biasa namun menjadi luar biasa dapat saya ringkaskan sebagai berikut;

(1) Prioritas yang wajib bukan yang sunah. Misalnya shalat jamaah di masjid adalah utama ketimbang shalat tahajud di rumah. Meskipun ya pasti lebih baik jika bisa dilakukan semuanya. 

(2) Niatnya bukan untuk duniawi, meskipun ada hadiah yang bersifat duniawi dari Tuhan secara langsung.

(3) Rutin dilakukan atau istiqomah dalam menjalaninya.

Tips tips ini bisa dilakukan dan semoga mendapatkan karunia yang besar. Sebab agama bukan untuk didebat namun untuk dijalani mana yang wajib dan mana yang sunah. 

Bagi pemeluk agama non muslim silakan menyimak ajarannya masing-masing sesuai keyakinan. 

Salam (6.6.2021/Endepe) 

 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN