Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tips mencapai Lailatul Qadr

14 April 2021   05:24 Diperbarui: 15 April 2021   09:59 368 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips  mencapai Lailatul Qadr
Cari dan temukan malam Lailatul Qadr (Foto: detik.com)

Alhamdulillah, Rabu 14 April 2021 ini kita memasuki hari ke-2 puasa Ramadhan 1442 H. Setahap demi setahap puasa kita jalani. Pengharapan kita bukanlah kepada manusia, namun sepenuhnya berharap agar puasa kita diterima Allah SWT sehingga kita dapat derajat takwa. Kelak, kita juga berharap, akan bertemu langsung dengan Allah sesuai yan dijanjikanNya, 'Sesungguhnya puasa itu untuk Ku, maka Aku sendiri yang akan membalasnya."

Pertanyaannya, apakah puasa kita diterima?

Apakah puasa kita sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW dan memenuhi kaidah puasa yang utama?

Ya kita semua berusaha. Menghindari semua yang membatalkan puasa, maupun membatalkan pahala puasa. 

Dan salah satu daya tarik puasa Ramadhan, adalah adanya malam Lailatul Qadr. Awam memahaminya sebagai malam yang lebih mulia dari seribu bulan. Jika Anda beruntung, dan memang mendapatkan barokah Nya, maka ketika menjalankan ibadah di malam itu, pahalanya akan digandakan sebanyak 1000 bulan, atau setara dengan 83,33 tahun. Sungguh dahsyat. Artinya, kalau kita tahajud 11 rakaat, atau tarawih 11 rakaat, itu sama dengan tahajud tanpa henti selama 83,33 tahun. Demikian halnya jika kita mengaji atau tilawah, atau dzikir, maka pahala setara dengan 1000 bulan.

APAKAH ITU LAILATUL QADR?

Definisi dengan rujukan literatur bahwa malam lailatul qadr adalah "malam di mana diturunkannya AL Quran, yang kebaikannya melebih 1000 bulan, dna malaikat turun ke bumi untuk menyampaikan banyak fadhilah dan kebaikan dari Allah SWT".


Secara rinci pengertian lain adalah sebagai berikut;

(1) Penetapan dan pengaturan 

Penetapan dan pengaturan di sini diterjemahkan sebagai Lailat Al-Qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia.  Al Qadar juga diterjemahkan sebagai "penetapan perjalanan hidup manusia", yang oleh Prof Quraish Shihab dikatakan bahwa memang penetapan qadha dan qadr manusia pada sejarahnya memang juga ditetapkan di malam itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN